Manfaat Menjalani Gaya Hidup Sederhana

Punya banyak uang memang suatu kebahagiaan tersendiri, akan tetapi memiliki banyak uang bukan berarti harus hidup bermewah-mewahan, dikarenakan menjalani gaya hidup sederhana tentunya lebih baik, dan berikut ini adalah manfaat dari hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Keamanan Finansial

Apabila hidup sederhana dan bisa menyisihkan pendapatan secara konsisten untuk diinvestasikan atau ditabung tentunya bisa menjamin keamanan finansial untuk masa depan keluarga. Semakin besar dana yang digunakan untuk ditabung dan investasi tentunya akan semakin besar peluang untuk mendapatkan keamanan finansial di masa depan. Oleh sebab itu, untuk bisa hidup sederhana harus bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

  1. Meminimalisir Stress

Memiliki banyak harta di satu sisi bisa membuat hidup bahagia, tapi di sisi lain juga bisa menimbulkan stress. Seperti harus maintenance rumah mewah, mobil mewah, belum lagi biaya-biaya sekolah anak, apartemen mewah, dan lan sebagainya. Hal ini dikarenakan jika kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk hidup mewah tapi memaksakan diri bergaya hidup mewah tentunya akan membuat beban mental karena terus berpikir bagaimana membiayai hidup serta melindungi barang-barang agar tidak rusak dan hilang. Beda halnya jika hidup sederhana sesuai dengan kemampuan keuangan, sehingga hidup pun terasa ringan dan bisa meminimalisir stress, khususnya stress yang menyangkut dengan kondisi keuangan.

  1. Hidup Lebih Tenang

Manfaat lain dari menerapkan gaya hidup sederhana adalah bisa hidup lebih tenang. Hal ini berbeda dengan orang yang suka hidup glamor dan berfoya-foya sehingga hidupnya tidak tenang karena selalu memikirkan barang-barang yang belum dimiliki, meski keuangan tidak memadai. Selain itu, orang yang sederhana pikirannya lebih jernih sehingga bisa memberi solusi terhadap orang-orang yang dilanda kebingungan khususnya perihal keuangan.  

  1. Lebih Sehat

Orang yang hidup sederhana tentunya lebih sering makan di rumah dibandingkan makan di restoran atau tempat makan cepat saji. Makanan di rumah lebih sehat dan lebih terjamin gizinya, selain bisa menekan pengeluaran, hal ini juga menyehatkan karena makanan yang dikonsumsi lebih sehat dan lebih terjamin kebersihannya.

  1. Tidak Mudah Berhutang

Hutang seringkali menjadi momok dalam kehidupan, beragam masalah bisa ditimbulkan karena masalah hutang. Perselisihan keluarga, perselisihan antar saudara, bahkan tak jarang antara anak dan orangtua yang tak jarang berujung perkelahian dan saling menyakiti satu dengan yang lainnya. Bahkan, tak sedikit mereka yang punya hutang disita rumahnya oleh bank karena tidak mampu membayar hutang. Banyak masalah yang bisa ditimbulkan karena hutang, oleh karena itu sebaiknya meminimalisir hutang apalagi jika tujuan berhutang hanya untuk berfoya-foya dan untuk pamer harta semata.

Itulah manfaat yang bisa didapatkan dari menjalani gaya hidup sederhana. Oleh karena itu, apabila memang memiliki kemampuan finansial yang tidak kuat, sebaiknya tidak hidup bermewah-mewahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *