Gaya Hidup Remaja Yang Sehat Dan Positif

Saat remaja adalah saat yang paling membahagiakan, hal ini berhubungan dengan saat remaja adalah waktu yang memungkinkan untuk lebih produktif melakukan berbagai macam kegiatan. Hal tersebut harus didukung dengan gaya hidup remaja yang sehat dan berdampak positif untuk masa depannya kelak.

Menjaga kesehatan saat usia remaja sangat mempengaruhi kesehatan saat tua nanti. Berikut ini tips gaya hidup remaja yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: NILAI DALAM GAYA BERPAKAIAN REMAJA

Lakukan Aktivitas Sehat

Melakukan aktivitas sehat tidaklah sulit yaitu jauhi hal-hal yang merugikan, seperti: kebiasaan merokok, menggunakan narkoba, minum minuman keras dan aktivitas tidak bermanfaat lainnya. Kebiasaan buruk tersebut harus dihindari karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Aktivitas sehat juga berhubungan dengan kegiatan yang diikuti. Pilihlah kegiatan yang berguna untuk masa depan dan hindari kegiatan yang merugikan. Misalnya masuk ke komunitas yang bisa mengasah keterampilan dan kemampuan bakat.

Olahraga Secara Teratur

Tidak sedikit remaja yang sudah mengalami masalah kesehatan serius dan pikun dini. Hal ini disebabkan karena otat kurang diasah dengan baik dan tubuh jarang digerakkan. Cara menghindari masalah tersebut adalah dengan rajin berolahraga minimal 3 kali seminggu. Ada banyak olaharga fisik yang bisa dipilih sesuai dengan selera dan kemampuan. Sedangkan untuk olahraga otak bisa mengisi teka teki silang, main catur atau membaca buku.

Menjaga Berat Badan Dan Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Anak remaja harus menjaga berat badannya jangan sampai terlalu gemuk (obesitas) ataupun terlalu kurus. Pasalnya tubuh yang terlalu gemuk dan kurus sangat rentan terserang penyakit yang berbahaya. Itu sebabnya para remaja dianjurkan untuk mengontrol makanan yang terlalu banyak mengandung koresterol dan lemak setiap harinya.

Konsumsi makanan yang mengandung gizi, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang pertumbuhan. Apalagi jika Anda banyak melakukan beragam aktivitas. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan. Penting untuk para remaja memenuhi asupan dengan makanan yang mengandung asam lemak dan omega 3. Untuk mendapatkan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari jenis ikan seperti salmod, tuna dan kod.

Jemur Badan Di Bawah Terik Matahari Pagi

Jemur badan pada waktu pagi hari sangat baik untuk kesehatan. Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang dapat membuat tulang kuat dan sehat. Waktu yang baik untuk jemur badan adalah pada pukul 6 – 8 pagi. Berbeda dengan sinar matahari pada waktu siang hari yang mengandung radikal bebas, itu sebabnya saat siang hari dianjurkan menggunakan pelindung tabir surya untuk mencegah terkena kangker kulit.

Itulah gaya hidup remaja masa kini yang sehat dan positif. Sudah seharusnya menjaga kesehatan sejak dini agar pada waktu usia dewasa dan tua tubuh senantiasa sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *