Gaya Hidup Islami Yang Dianjurkan Karena Bisa Membuat Hidup Lebih Bahagia

Seringkali kita bertanya-tanya apakah gaya hidup kita sudah benar atau belum. Bahkan mungkin diantara kita ada yang masih hidup boros atau berlebihan. Lalu pertanyaannya bagaimanakah gaya hidup islami dan apa manfaatnya untuk kita? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Gaya Hidup Yang Dianjurkan

Dalam kehidupan setiap manusia tentu menginginkan hidup yang sebaik-baiknya dan mendekati sempurna. Namun kenyataannya tidak ada di dunia ini yang sempurna, kecuali Allah SWT. Namun ada dua hal yang bisa manusia penuhi dalam kehidupannya, yaitu kebahagiaan dan ketenangan dunia dan akherat. Tapi untuk mendapatkan kesemuanya itu bukanlah hal yang mudah. Bahkan setiap manusia memiliki caranya masing-masing untuk mewujudkan kebahagiaannya.

Ada cara pandang yang berbeda lantas memunculkan gaya hidup setiap manusia. Salah satunya adalah gaya hidup modern yang sekarang sedang ramai menjadi bahan diskusi, obrolan bahkan dilakukan. Tidak semua gaya hidup modern salah, beberapa diantaranya mampu membuat tubuh dan jiwa bahagia. Tapi tidak sedikit pula yang bisa menyebabkan manusia terjerumus ke jurang yang merugikan, seperti: berfoya-foya, gaya hidup bebas dsb.

Sebagai seorang muslim, untuk mencari gaya hidup yang tepat tidaklah susah karena hal itu sudah ada aturannya dan sudah terbukti. Seperti apa gaya hidup islami yang bisa membuat hidup lebih tentram, bahagia di dunia dan akherat? Berikut ini beberapa gaya hidup yang islami yang bisa Anda jadikan rujukan.

Baca juga: Tips Berbusana Muslim Dengan Baik Dan Benar Menurut Islam

Berniat Untuk Ibadah

Mengerjakan berbagai kegiatan di dunia ini apapun sifatnya baik yang modern ataupun kegiatan komersil sebaiknya dilandasi dengan niat beribadah karena dan kepada Allah SWT. Kita sebagai manusia sudah seharusnya berusaha dan mendapatkan ridho dari-Nya sehingga saat menjalankan segala sesuatunya lebih tenang dan ikhlas.

Baik Dan Pantas

Segala hal yang dilakukan di dunia ini harus berlandaskan kepada hal yang pantas dan baik. Artinya, harus sesuai dengan akal sehat, aturan, syariat dan adat istiadat yang berlaku. Jika melakukan hal yang buruk dan kurang pantas, walaupun untuk kebahagiaan hasilnya tetap akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Halal Dan Thayib

Segala hal yang dimakan, digunakan untuk menunjang hidup harus didapatkan dari sesuatu yang sifatnya halal secara islam dan tayib. Tayib artinya tidak merugikan atau menyakiti orang lain.

Tidak Berlebihan

Islam melarang umatnya untuk hidup secara berlebihan. Karena selain merugikan diri sendiri, segala hal yang berlebihan bisa merugikan orang-orang disekitar. Ada banyak tindakan memubazirkan sesuatu yang Allah tidak suka, seperti: makan berlebihan, membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan, pamer kekayaan dsb.

Tidak Berbohong

Allah SWT melarang umatnya untuk berbohong. Gaya hidup islami menganjurkan  kita untuk selalu jujur. Kejujuran menjadi landasan utama menjalankan kehidupan ini agar hidup lebih nyaman dan tenang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *