Dampak Postif Dan Negatif Gaya Hidup Masyarakat Modern

Masyarakat modern adalah masyarakat yang mengalami transformasi teknologi dan ilmu pengetahuan. Masyarakat modern mampu menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi zamannya. Namun karena kondisi dan situasi yang terjadi di masyarakat berbeda, maka terjadi proses modernisasi yaitu proses menuju masyarakat modern, hal ini berhubungan dengan gaya hidup masyarakat-nya.

Ciri-Ciri Masyarakat Yang Sudah Modern

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa ciri-ciri masyarakat modern, yaitu:

  1. Terbuka terhadap pengalaman atau penemuan yang baru.
  2. Sikap menerima perubahan dan menilai kekurangan yang sedang dihadapi.
  3. Peka terhadap masalah yang terjadi
  4. Berorientasi pada masa kini dan juga masa depan
  5. Menggunakan planning atau perencanaan dalam segala tindakan
  6. Yakin terhadap manfaat adanya ilmu pengetahuan dan teknologi
  7. Menghormati segala hak dan kewajiban pihak lain
  8. Tidak mudah pasrah atau menyerah terhdap nasib. Ketika ada masalah, masyarakat modern akan berusaha untuk memecahkan masalah.
  9. Yakin dengan potensi yang dimilikinya untuk dikembangkan.

Dari poin ciri-ciri masyarakat modern tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa masyarakat modern adalah masyarakat yang dinamis atau selalu bergerak menuju kemauan dan ulet, tangguh tidak mengenal menyerah. Dengan sifat tersebut masalah, tantangan dan hambatan yang datang dijadikan kesempatan untuk maju dan berkembang.

Dampak Positif Dan Negatif

Namun akibat perubahan yang terjadi mempengaruhi cara pandang masyarakat modern terhadap segala masalah atau persoalan yang menyangkut dirinya ataupun kelompok di masyarakat. Selain itu mempengaruhi juga cara mengatasainya. Artinya gaya hidup masyarakat modern dapat berdampak positif dan negatif. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan mengenai dampak positif dan negative akibat kehidupan yang serba modern seperti sekarang ini.

  • Dampak Positif

Dengan adanya kemajuan disegala bidang khususnya teknologi, transportasi dsb semakin meringankan pekerjaan manusia. Selain itu kita mengenal gaya hidup delivery order yang membantu mendapatkan barang walaupun dalam kondisi sibuk dan tidak ada waktu. Dampak positif lainnya adalah memperkaya unsure budaya karena terjadi proses peleburan budaya yang lama dengan yang baru.

  • Dampak Negatif

Selain mendatangkan dampak postif, kehidupan modern juga berdampak negative seperti: manusia semakin dimanjakan oleh kecanggihan teknologi dan menyebabkan sifat ketergantungan dan malas. Selain itu bisa memunculkan rasa anti sosial atau individualis, dan lunturnya norma, nilai-nilai di masyarakat.

Dampak negatif lainnya adalah munculnya orang-orang yang sombong atas gaya hidup yang dijalankan, contohnya gaya hidup mewah yang cenderung memamerkan kekayaannya tanpa peduli kondisi sosial orang-orang disekitarnya. Sifat tersebut melahirkan sifat anti sosial dan kurang peka terhadap lingkungan.

Itulah ciri-ciri masyarakat yang modern serta dampak negative dan positif dari zaman yang serba modern seperti sekarang ini. Dampak-dampak tersebut bisa terus ada dan mungkin bertambah seiring dengan adanya gaya hidup masyarakat modern yang terus berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *