Gaya Hidup Mewah Yang Bisa Merugikan Masa Depan

Gaya hidup mewah bisa diartikan gaya hidup yang berlebihan dalam menggunakan sumber daya atau harta untuk kepentingan pribadi ataupun kelompok dengan tujuan untuk bersenang-senang. Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor penyebab seseorang hidup boros.

Tidak selalu orang kaya hidup boros, bahkan ada juga orang yang hidupnya pas-pasan namun boros. Boros tidaknya seseorang bisa disebabkan faktor di dalam diri orang tersebut dan lingkungan yang mempengaruhinya.  Gaya hidup mewah atau boros merupakan perilaku negatif. Berikut ini kita akan membahas mengenai bahayanya hidup boros. Yuk, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

Pendapatan Yang Diperoleh Cepat Habis

Orang yang hidupnya boros lebih mengutamakan keinginan dibandingkan dengan kebutuhan. Apa yang ia inginkan selalu ingin dipenuhi. Akibatnya, pendapatan atau harta yang dimiliki cepat habis karena digunakan untuk hal-hal atau barang-barang yang hanya sekedar ingin dimiliki.

Tidak Peduli Dengan Kehidupan Sosial

Tidak semua orang hidup dalam kecukupan, masih banyak orang-orang yang hidupnya kekurangan bahkan berada di bawah garis kemiskinan. Dengan adanya kondisi tersebut sudah seharusnya bagi orang yang memiliki kelebihan materi untuk saling menolong untuk mengatasi masalah sosial tersebut. Namun bagi orang yang hidupnya boros masalah sosial tersebut bukanlah urusannya dan menganggap hal tersebut tidak penting.

Orang yang hidup mewah cenderung tidak peduli dengan masalah sosial yang ada di lingkungannya. Baginya dibandingkan untuk menolong orang lain, lebih baik uangnya digunakan untuk memenuhi semua keinginannya. Jika hal tersebut didiamkan bisa menyebabkan sifat individualis yang tidak memiliki kepekaan terhadap masalah disekitar.

Sibuk Mendapatkan Harta

Untuk memenuhi keinginannya orang yang hidup boros akan sibuk mencari uang yang kemudian digunakan untuk memenuhi segala keinginannya. Kebanyakan orang yang sifatnya seperti itu cenderung menyukai kesenangan dunia dan sibuk mengurus dirinya sendiri.

Menimbulkan Sifat Negatif

Orang yang hidupnya mewah dan boros cenderung memiliki sifat yang negative, seperti: kikir, iri, dengki dan sombong. Sifat negative tersebut timbul seiring keegoisannya hanya menggunakan hartanya untuk memenuhi keinginannya.

Rentan Terhadap Stress

Orang yang hidupnya boros merasa tidak pernah cukup ia akan frustasi apabila uangnya habis sedangkan masih banyak yang ingin ia dapatkan. Akibatnya bisa terkena stress. Jika demikian bisa menimbulkan masalah lain agar kebutuhannya terpenuhi, seperti berhutang atau menggunakan uang yang bukan haknya seperti korupsi.

Tidak memiliki Planing Kedepan

Orang yang hidup boros biasanya tidak memiliki tabungan untuk masa depannya. Kondisi tersebut bisa menimbulkan masalah seperti jika terjadi hal yang tidak diinginkan: sakit, kecelakaan, kerusakan rumah dsb.

Itulah akibat yang bisa ditumbulkan dari gaya hidup mewah yang boros. Semoga artikel ini bermanfaat dan mencegah kita dari gaya hidup yang merugikan masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *