7 Gaya Hidup Sederhana Hemat Yang Menyenangkan

Gaya hidup sederhana artinya tidak selalu harus siap hidup susah, karena banyak cara berhemat yang menyenangkan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa langkah hidup hemat yang bisa Anda coba lakukan.

Baca juga: Gaya Hidup Sederhana Yang Membuat Hidup Menjadi Bahagia

  • Tepat Waktu Membayar Tagihan

Gaya hidup sederhana pertama yang bisa Anda coba adalah membayar tagihan tepat waktu. Tagihan yang dimaksud adalah membayar tagihan bulanan seperti: bayar listrik, air, bank atau telepon. Karena jika bayar tagihan konsekuwensinya harus bayar denda. Akibatnya pengeluaran malah membengkak.

  • Masak Sendiri

Makan diluar atau beli matang malah membuat pengeluaran boros. Hanya dengan modal Rp 20.000m- Anda sudah bisa makan makanan yang enak, bergizi dan sehat. Berbeda dengan beli makanan diluar, selain harganya lebih mahal kesehatannya juga belum terjamin.

  • Belanja Di Pasar Tradisional

Belanja di pasar tradisional harganya lebih murah dibandingkan belanja di supermarket. Selain itu beli bahan makanan di pasar lebih segar dan beragam. Selain itu harganya bisa ditawar.

  • Matikan Listrik Yang Tidak Digunakan

Berhentilah menyalakan AC yang suhunya terlalu dingin. Jika tidak diperlukan matikan. Atau gunakan kipas angin dibandingkan AC. Begitupun lampu di ruangan rumah. Jika tidur gunakan lampu yang wattnya kecil. Selain hemat energi, menggunakan lampu yang temaram saat tidur baik untuk kesehatan kulit.

Cabut kabel listrik apapun jika tidak digunakan. Karena walaupun tidak digunakan kabel yang terpasang di colokan tetap bisa menyedot listrik.

  • Beli Barang Bekas

Jika Anda membutuhkan barang-barang, solusinya bisa beli barang bekas. Membeli barang bekas harganya lebih murah dibandingkan beli barang yang kondisinya masih baru. Pandai-pandailah memilih barang bekas, pastikan kondisi dan fungsinya masih baik.

  • Atur Jadwal Belanja

Belanja bulanan untuk kebutuhan lebih hemat dibandingkan dengan belanja perhari. Selain menghemat ongkos transportasi, belanja bulanan mencegah Anda belanja barang-barang yang tidak sebenarnya tidak dibutuhkan. Catat kebutuhan belanja bulanan, seperti: sabun, odol, gula, kopi dsb.

Sedangkan untuk kebutuhan makan, bisa belanja perminggu. Hal ini untuk mencegah makanan cepat basi dan terbuang percuma.

  • Biasakan Menabung

Jika ada uang sisa biasakan untuk ditabung. Jika sudah terbiasa menabung dan menganggap menabung adalah kegiatan yang menyenangkan dengan sendirinya kita akan lebih berhemat. Contohnya: mengurangi kegiatan yang tidak penting karena harus mengeluarkan uang untuk transportasi, makan dsb. Selain itu menahan belanja barang-barang yang tidak diperlukan dan mementingkan kebutuhan.

Menabung tidak selalu harus dalam jumlah besar. Jangan pernah anggap remeh uang receh, karena jika uang receh disimpan di tabung sedikit demi sedikit, lama kelamaan jumlahnya akan banyak.

Itulah tips gaya hidup sederhana yang hemat yang bisa Anda coba aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk yang belum terbiasa mungkin agak susah untuk memulainya, namun jangan khawatir lama kelamaan Anda akan terbiasa. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *