Referensi Gaya Hidup, Mengenal Bentuk Gaya Hidup Di Masyarakat

Gaya hidup dapat diartikan sebagai pola hidup seseorang yang diekspresikan melalui berbagai aktivitas,minat dan opininya. Gaya hidup bisa juga dijadikan gambaran mengenai seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Gaya hidup dapat dibagi menjadi beberapa bentuk. Untuk lebih jelasnya sikan referensi gaya hidup berikut ini.

Menurut Chaney ada beberapa bentuk gaya hidup yang terjadi di masyarakat, antara lain adalah sebagai berikut:

Baca juga: Referensi Gaya Hidup Menggunakan Uang Dengan Bijak

Industri gaya hidup

Dalam gaya hidup, penampilan diri mengalami estetisisasi dalam kehidupan sehari-hari. Tubuh atau diri menjadi proyek, benih penyemaian. Seperti sebuah ungkapan, “kamu bergaya maka kamu ada”. Gaya hidup ini sebagian besar berhubungan dengan industri penampilan, contohnya: fashion.

Iklan Gaya Hidup

Referensi gaya hidup masyarakat modern seperti sekarang ini terobsesi oleh citraan. Apalagi di era informasi yang semakin canggih, teknologi informasi memiliki peranan yang besar dalam membentuk budaya pencitraan dan budaya cita rasa. Gempuran iklan dengan visual yang memabukkan dan memabukkan. Iklan bisa merepresntasikan gaya hidup dengan menanamkan citra diri untuk tampil di public. Artinya, iklan mempengaruhi pilihan terhadap cita rasa yang dibuat.

Public Relations Dan Journalisme Gaya Hidup

Para selebritis juga membantu membentuk indentitas para konsumen. Dalam budaya konsumen, tanpa disadari identitas menjadi sandaran aksesoris fashion. Banyak generasi sekarang yang menjadi sekarang dianggap karena terbentuk melalui identitas meniru atau diilhami oleh selebritis. Misalnya: cara mereka menggunakan busana untuk jalan-jalan, cara berselancar di dunia maya dsb. Artinya, selebritis dan citraan mereka digunakan untuk membantu konsumen dalam pembentukan identitas.

Gaya Hidup Mandiri

Gaya hidup mandiri adalah gaya hidup yang tidak bergantung pada orang lain. Agar mampu hidup mandiri diperlukan kemampuan untuk mengenali kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Selain itu gaya hidup ini perlu strategi menggunakan kelebihan dan kekurangannya untuk mencapai tujuan.

Selain itu orang yang mandiri harus mampu menggunakan nalar untuk menyusun strategi, bertanggung jawab dan memahami resiko serta siap jika mengalami kegagalan. Dengan gaya hidup mandiri akan lebih bebas menentukan pilihannya.

Gaya Hidup Hedonis

Gaya hidup yang hedonis adalah pola hidup yang aktivitasnya sekedar mencari kesenangan. Waktunya banyak dihabiskan di luar rumah, lebih senang dikeramaian, banyak bermain dan senang membeli barang-barang mahal yang sebenarnya tidak begitu diperlukan. Biasanya orang yang gaya hidupnya hedon selalu ingin menjadi pusat perhatian dan tidak berpikir efek dan dampak untuk masa depannya.

Demikian informasi mengenai referensi gaya hidup perihal bentuk-bentuknya. Di zaman modern seperti ini semakin banyak godaan untuk menjadi konsumtif. Namun dengan bekal informasi dan belajar dari pengalaman banyak orang, kita diharapkan dapat menentukan gaya hidup yang positif baik dan berguna untuk hari depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *