Tips Gaya Hidup Hemat Yang Menyenangkan

Tips gaya hidup hemat menjadi informasi yang dibutuhkan mengingat kondisi sekarang ini yang penuh dengan godaan berbagai macam barang yang unik dan menarik. Semakin berkembangnya teknologi seperti sekarang ini mempermudah para pembisnis untuk memasarkan bisnisnya.

Hal tersebut memberikan kemudahan pula untuk para konsumen mendapatkan barang yang diinginkan. Disisi lain kemudahan tersebut membuat ketidakmampuan mengendalikan diri untuk mendapatkan barang yang sebenarnya tidak begitu penting/ dbutuhkan atau dikenal dengan istilah konsumtif. Nah, berikut ini kami akan memberikan tips gaya hidup hemat yang bisa Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dahulukan Kebutuhan Bukan Keinginan

Konsep mendahulukan kebutuhan merupakan salah satu cara jitu untuk mengurangi pengeluaran. Agar lebih tertib, buatlah daftar dan jadwal setiap bulannya. Jangan masukkan barang-barang yang sifatnya karena dasar keinginan, contohnya: nonton film di bioskop, membeli sepatu keluaran terbaru dsb. Bijaklah dalam berbelanja, pilah mana yang dibutuhkan dan mana barang yang hanya sekedar keinginan saja.

Pengeluaran Lebih Kecil Dari Pada Pendapatan

Atur pengeluaran setiap bulan, jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Jika pengeluaran lebih besar, kebutuhan lainnya tidak akan tercukupi sampai akhir bulan, biasanya akan mengambil tindakan berhutang. Mengambil solusi dengan berhutang sebaiknya dihindari karena secara psikologis, bisa membuat hati tidak tenang, gelisah dsb. Langkah paling tepat adalah dengan mengatur keuangan agar kebutuhan terpenuhi hingga akhir bulan.

Menjaga Kesehatan

Kesehatan merupakan investasi yang penting. Memiliki tubuh yang sehat, dapat dengan nyaman menjalankan berbagai aktivitas dengan nyaman. Pola hidup sehat meminimalisir terkena penyakit. Jika sakit maka Anda harus membayar biaya pengobatan yang relatif mahal. Hal ini mempengaruhi pengeluaran setiap bulannya. Oleh sebab itu sebaiknya jaga pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, rutin olahraga secara teratur, istirahat yang cukup dan minum air putih setiap harinya minimal 8 gelas.

Menghabiskan Liburan Murah

Setiap orang membutuhkan refresing untuk menghilangkan penat setelah menjalankan rutinitas kerja setiap harinya. Liburan tidak selalu harus mahal, ada banyak alternatif berlibur yang murah namun menyenangkan. Perlu diingat, tujuan berlibur adalah menghilangkan beban, jangan sampai sepulang berlibur malah menyebabkan masalah finansial akibat tidak selektif memilih tempat dan fasilitas liburan.

Membawa Bekal

Kebiasaan membawa bekal makanan saat keluar rumah merupakan salah satu cara untuk menekan biaya pengeluaran membeli makanan di luar. Selain dapat menghemat pengeluaran, membawa bekal makanan sendiri lebih terjaga kebersihan dan kandungan gizinya.

Berinvestasi

Jika Anda memiliki uang lebih setiap bulannya, bisa mengalihkan dana cair dalam bentuk barang investasi misalnya emas atau barang invest lainnya. Pilih jenis investasi yang kemungkinan ruginya kecil. Hal ini merupakan tips gaya hidup yang berpotensi mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu yang panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *