Artikel Gaya Hidup Hemat Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Ada banyak manfaat jika kita menjalankan puasa, selain mendapatkan pahala dan melatih mengendalikan nafsu, bulan puasa dapat mengurangi pengeluaran. Nah, dalam artikel gaya hidup ini kita akan membahas mengenai gaya hidup hemat saat bulan puasa.

Buat Daftar Menu Berbuka Dan Shaur Untuk Satu Bulan

Artikel gaya hidup mengenai tips hemat saat bulan ramadhan adalah lebih cermat menata menu makanan pada waktu shaur dan berbuka. Catat pula berapa orang yang akan ikut makan, cantumkan bahan yang dibutuhkan dan jumlahnya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan menghitung ekstimasi pengeluaran selama sebulan dan mencegah makanan bersisa.

Belanja Kebutuhan Untuk Sebulan

Sudah hal yang biasa selama bulan Ramadhan harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Hal ini berpengaruh besar terhadap membengkaknya pengeluaran bulanan. Namun bagaimanapun kebutuhan pokok harus terpenuhi. Solusi berhemat adalah dengan belanja kebutuan pokok yang bertahan lama untuk satu bulan ke depan. Jika bahannya tidak tahan lama solusinya belanja untuk kebutuhan satu minggu, agar tidak terbuang percuma karena basi.

Manfaatkan program diskon atau promo di supermarket atau toko online untuk menekan pengeluaran. Saat belanja jangan lupa membawa catatan daftar belanjaan yang harus dibeli.

Batasi Buka Puasa Di Luar

Saat bulan puasa banyak ajakan buka puasa bersama oleh teman kerja, teman satu sekolah waktu SD, SMP, SMA, teman kuliah, teman organisasi, komunitas dsb. Buka bersama boleh dilaukan, namun jika terlalu banyak/ sering bisa membuat pengeluaran keluar banyak.  Atur jadwal buka puasa dengan baik, usahakan berbuka dengan menu yang sesuai dengan budget. Untuk berhemat bisa bawa bekal minum air putih sendiri.

Bawa Bekal Dari Rumah

Jika ada kerjaan atau aktivias sampai malam atau tidak bisa buka puasa di rumah, solusinya bisa bawa bekal dari sendiri. Makan di restoran atau tempat makan lainnya sudah pasti harganya lebih mahal dibandingkan dengan  bekal sendiri dari rumah. Bawalah makanan yang tidak mudah basi dan makanan pembuka seperti buah segar atau kurma.

Masak Sendiri

Memasak dalam jumlah yang banyak, misalnya untuk satu keluarga akan lebih murah dibandingkan masak untuk diri sendiri. Masak untuk diri sendiri bisa lebih mahal, karena biaya untuk listrik dan gas. Solusinya bisa beli lauk pauk yang sudah jadi dengan jumlah sedikit untuk diri sendiri, nasinya bisa masak sendiri. Dijamin pengeluaran akan lebih murah.

Menjalankan ibadah puasa dengan menjaga diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa, tentunya belajar juga mengendalikan pengeluaran. Semoga artikel gaya hidup hemat saat menjalankan ibadah puasa ini bermanfaat. Selamat berpuasa dan berhemat, semoga puasa yang kita jalani menjadi penuh makna dan hikmah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *