Gaya Hidup Remaja Masa Kini

Gaya hidup dapat diartikan sebagai gambaran bagi setiap orang yang menggambarkan seberapa besar nilai moral orang tersebut di suatu masyarakat. Gaya hidup dapat diartian juga sebagai sebuah seni yang dibudayakan oleh setiap orang. Selain itu gaya hidup berkaitan juga dengan perkembangan teknologi dan zaman. Jika semakin berkembang maka gaya hidupnya juga semakin berkembang luas.

Dalam arti lain, gaya hidup memberikan pengaruh positif dan negative bagi orang yang menjalankannya. Salah satunya adalah gaya hidup remaja. Usia remaja merupakan usia transisi. Dimana masa masa tersebut cenderung mengikuti trand, mengikuti tokoh idola, labil dsb. Masa remaja bisa dibilang sebagai masa pembentukan diri.

Kebanyakan para remaja beranggapan pada usia remaja dapat melakukan apa saja yang disukai. Jika tidak mengikuti perkembangan dianggap tidak modern dan ketinggalan zaman. Sebenarnya yang melatarbelakangi gaya hidup remaja serba modern adalah perkembangan di zaman itu sendiri. Selain itu juga karena arus globalisasi yang mengharuskan mengikuti perkembangan itu sendiri.

Terjadinya perubahan gaya hidup remaja masa kini juga dipengaruhi oleh perubahan budaya, nilai dan pola pikir yang dianut oleh masyarakat setempat. Kini para remaja lebih lebih menyukai hal-hal yang sifatnya instan, pragmatis dan berbau luar negeri. Untuk mengetahui gaya hidup remaja masa kini, sebaiknya ketahui terlebih dulu bentuk yang mempengaruhi gaya hidup modern dan pengaruh perkembangan zaman, globalisasi terhadap gaya hidup modern.

Faktor yang Mempengaruhi Gaya Hidup Modern

Salah satu yang menjadi bentuk gaya hidup modern adalah bahwa status seseorang ditandai dengan penampilan dan segala sesuatu yang digunakannya, misalnya: kendaraan, perhiasan, ponsel dsb,

Di zaman serba padat dengan mobilitas yang sangat padat, seperti di kota-kota besar membuat kebanyakan orang kota lebih menyukai hal-hal yang sifatnya instan dan menyukai bercengkraman di tempat-tempat tertentu, seperti: café yang saat ini dianggap sebagai gaya hidup modern. Selain itu pernikahan, perayaan wisuda, juga merupakan gaya hidup modern. Semakin berkembangnya teknologi komunikasi dan infromasi menjadi salah satu faktor pembentuk gaya hidup baru, termasuk salah satunya para remaja.

Pengaruh Globalisasi Terhadap Gaya Hidup

Globalisasi merupakan suatu proses menuju sistem kehidupan yang lebih global. luas dan terbuka untuk berbagai aspek dan segi kehidupan manusia. Dengan adanya globalisasi maka terbuka akses sebuah negara ke negara yang lainnya. Salah satunya adalah globalisasi dalam bidang informasi dibidang internert yang memberikan perubahan yang cukup dirasakan oleh manusia melalui jarinagn internet yang terhubung secara luas.

Dengan adanya globalisasi membawa pengaruh positif bagi gaya hidup para remaja, namun disisi lain tidak menampik dapat membawa pengaruh negatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *