Cara Sehat Dengan Mengganti Gula Yang Aman Dan Alami

Hampir semua orang menyukai makanan dan minuman yang manis. Namun, sayangnya rasa manis dari gula bisa menyebabkan masalah kesehatan. Itu sebabnya hampir program diet yang memasukkan gula sebagai daftar terlarang untuk dikonsumsi selama melakukan program. Cara sehat yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi gula atau menggantinya dengan gula yang aman dan alami.

Berikut ini beberapa cara sehat dengan mengganti gula yang bisa dijadikan alternatif tanpa efek samping, aman dan tidak kalah nikmat dengan gula biasa.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat Stop Merekok Dengan Cara Alami

Stevia

Stevia merupakan pemanis buatan dari tanaman stevia rebaudiana yang diproses dengan cara ekstrasi. Pemanis ini memiliki kadar kalori yang rendah bahkan diklaim hanya 0% . Gula ini bermanfaat bagi kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah 6-14%, membantu memperbaiki masalah resistensi sel terhadap insulin.

Xilitol

Senyawa Xilitol merupakan sejenis gula yang didapat dari alkohol, dapat ditemukan di jenis makanan dan minuman yang diproses melalui proses fermentasi. Biasanya gula ini dibuat dari bahan jagung-jangunag, sayuran dan buah-buahan. Kandungan kalorinya sekitar 2,4 per gram, artinya lebih rendah 40% dari kadar kalori yang terdapat pada gula biasa. Ada banyak manfaat jika Anda mengkonsumsi gula jenis ini, diantaranya adalah menjaga kesehatan tulangdan gigi, mencegah karang gigi dan membantu proses penyerapan kalsium.

Karena jenis gula ini diproses melalui proses fermentasi maka tidak disarankan dikonsumsi bagi yang memiliki pencernaan sensitif.

Eritritol

Sama seperti xilitol, pemanis Eritritol merupakan formula gula alkohol. Rasanya menyerupai gula namun kadar kalorinya kecil hanya 0,24 kalori per gram, artinya jumlah kalorinya hanya 6% dari kadar gula biasa.

Yang membedakan gula ini adalah sifat uniknya di dalam tubuh. Karena tubuh tidak memiliki enzim yang bisa mengolah dan melakukan sekresi terhadap senyawa eritritol maka senyawa akan diserap begitu saja ke aliran darah. Namun walaupun demikian jenis gula ini dinyatakan aman, tidak berbahaya dan baik untuk mengendalikan gula darah, kolesterol,insulin dan trigliserida.

Sirup Yacon

Sirup ini memiliki kandungan kalori yang rendah, karena 50% kandungannya adalah frukto oligosakarida yaitu sejenis molekul yang tidak bisa diserap oleh tubuh. Sirop ini terbuat dari tanaman yacon yang banyak tumbuh di kawasan Amerika Utara. Jenis pemanis alami ini efektif dikonsumsi saat menjalankan program diet, namun sayangnya sirup ini susah kita dapatkan di Indonesia. Jika dilihat secara fisik, pengganti gula ini mirip seperti cairan gula jawa.

Selain jenis pemanis pengganti gula yang sudah kita bahas, masih ada beberapa jenis lainnya yaitu: gula kelapa dan madu murni. Demikian ulasan singkat mengenai tips cara sehat dengan mengganti gula dengan bahan yang alami dan aman. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *