Gaya Hidup Islami Membuat Hati Lebih Tenang Dan Damai

Dalam proses kehidupan, kita tentu menginginkan segala hal berhasil dengan sempurna. Ada banyak pilihan gaya hidup islami sehat dan baik yang bisa dilakukan, walaupun pada kenyataannya tidak ada yang sempurna di dunia ini terkecuali Allah SWT Namun ada dua hal yang bisa terpenuhi dalam proses hidup yaitu ketentraman lahir dan batin.

Kedua hal tersebut bisa kebaikan yang disebut dengan al-khair dan kebahagiaan atau as-sa’adah. Keduanya harus dipenuhi oleh manusia jika ingin hidupnya sejahtera. Hanya saja untuk dapat mewujudkannya bukanlah hal yang mudah. Cara yang dilakukan untuk mewujudkannya dan cara pandang bisa berbeda antara satu orang dengan orang lain.

Baca juga: Gaya Hidup Terbaru Tengku Wisnu

Dengan adanya cara pandang yang berbeda akhirnya membawa perbedaan persepsi yang memunculkan perbedaan cara hidup atau sekarang dikenal dengan sebutan gaya hidup. Pegangan atau penuntun umat islam yang paling tepat adalah Al-Quran dan As-Sunnah. Namun, zaman yang semakin berkembang mengubah sebagian umat islam memahami bagaimana menjalankan hidup.

Tidak sedikit orang yang melakukan gaya hidup bebas, menghambur-hamburkan uang dan hanya memikirkan kepentingan duniawi saja. Hal ini sangat bertentangan dengan gaya hidup yang diajarkan oleh islam. Berikut ini gaya hidup islami yang diridhai oleh Allah, jika dijadikan pegangan dan dilakukan bisa membuat hidup lebih nyaman dan tentram.

Berniat Untuk Ibadah

Menjalankan berbagai hal di dunia ini, baik yang berbau modern ataupun konvensional semuanya harus dilandasi dengan niat beribadah kepada Allah SWT. Dengan demikian kita akan melakukan hal tersebut dengan sebaik mungkin.

Berlandaskan Pada Yang Baik Dan Pantas

Segala hal yang dilakukan harus berlandaskan pada dasar yang baik dan pantas, artinya harus sesuai dengan syariah islam, akal sehat, aturan dan adat istiadat dimana kita tinggal.

Halal Dan Thayib

Segala hal yang digunakan untuk menunjang gaya hidup semuanya harus didapatkan dengan cara yang halal, seperti: makanan, pakaian dan kebutuhan hidup lainnya. Selain itu harus dilakukan dengan thayib atau tidak merugikan dan menyakitkan orang lain.

Tidak Berbohong

Kebohongan adalah hal yang dilarang dalam islam. Semua orang harus memiliki sifat yang jujur sebagai dasar untuk menjalankan hidup. Kebohongan bukan hanya menyakiti, merugikan orang lain namun bisa merugikan diri sendiri.

Tidak Berlebihan

Islam melarang umatnya untuk bersikap berlebihan. Hal tersebut hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan. Misalnya makanlah secukupnya, karena jika terlalu berlebihan malah mendatangkan masalah kesehatan.

Demikian informasi mengenai gaya hidup islami yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan cara hidup tersebut, akan terhindar dari berbagai masalah, dan yang terpenting hati menjadi lebih tenang sehingga lebih nyaman melakukan kegiatan/ aktivitas sehari-hari. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *