Lifestyle Indonesia Di Zaman Serba Modern

Lifestye adalah gaya hidup yang diidentifikasikan bagaimana seseorang beraktivitas, menghabiskan waktunya dan apa yang menjadi ketertarikannya. Selain itu gaya hidup bisa juga mengenai apa yang mereka pikirkan tentang dirinya dan untuk lingkungan atau dunia sekitarnya. Lifestyle Indonesia sekarang mengalami perubahan yang signifikat, mulai dari cara pandangnya terhadap berbagai macam persoalan baik yang menyangkut dirinya ataupun orang lain.

Cara pandang ini menyangkut bagaimana melakukan tindakan untuk mengatasinya. Salah satu faktor penyebab yang menyebabkan perubahan gaya hidup masyarakat Indonesia adalah masuknya budaya asing dan terjadi krisis globalisasi. Pengaruh faktor tersebut sangat cepat dan luas menyangkut berbagai bidang di kehidupan.

Karena terjadi perubahan yang cepat maka menyebabkan culture shock atau goncangan budaya. Akibatnya, banyak masyarakat yang tidak mampu menahan diri terpengaruh budaya luar sehingga terjadi ketidakseimbangan dalam kehidupan.

Salah satu tanda gaya hidup masyarakat modern seperti sekarang ini adalah budaya instan untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu budaya konsumtif menjadi salah satu trand lifestyle Indonesia modern.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

Menurut seorang ahli Amstong, gaya hidup seseorang dapat dilihat dari perilaku dan kegiatannya menggunakan barang dan jasa, termasuk didalamnya bagaimana prose pengambilan keputusan pada penentuan kegiatan tersebut.

Ada 2 faktor yang mempengaruhi gaya hidup seseorang yaitu faktor yang berasal dari dalam diri (internal) dan faktor dari luar (eksternal). Faktor internal berhubungan dengan pengalaman, sikap, pengamatan, kepribadian, motif, konsep diri dan persepsi. Untuk lebih jelas berikut penjelasannya:

  • Sikap

Sikap adalah keadaan jiwa dan pikiran untk mempersiapkan memberikan tanggapan yang diorganisir melalui pengalaman. Pengalaman tersebut secara tidak langsung mempengaruhi perliaku. Sikap dipengaruhi juga oleh kebiasaan, budaya, lingkungan sosial dan tradisi.

  • Pengalaman dan Pengamatan

Pengalaman seseorang dapat mempengaruhi pengamatan sosial dan tingkah lakunya. Pengalaman bisa didapatkan dari semua tindakan masa lalu dengan cara dipelajari atau bisa juga didapat dari belajar atas pengalaman orang lain. Hasil pengalaman sosial tersebut dapat membentuk pandangan pada diri seseorang.

  • Kepribadian

Kepribadian merupakan konfigurasi karakteristik seseorang dan cara bagaiamana ia berperilaku atau bersikap. Cara berprilaku ini lah yang menentukan perbedaan antara individu yang satu dengan yang lain.

  • Konsep Diri

faktor yang menentukan pribadi seseorang adalah konsep diri. Yaitu bagaimana seseorang memandang dirinya dapat mempengaruhi minatnya terhadap suatu objek.

  • Motif

Perilaku seseorang muncul karena adanya motif kebutuhan untuk mendapatkan perasaan aman dan prestise.

Selain faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas masih banyak faktor lainnya yang menentuka lifestyle Indonesia yang masyarakatnya sekarang hidup modern, seperti: persepsi, kelompok referensi, keluarga dan kelas modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *