Cara Menghindari Gaya Hidup Mewah

Gaya hidup mewah merupakan gaya hidup konsumtif yang melampaui batas. Seseorang yang konsumtif akan memberi barang secara berlebihan baik dari segi kuantitas maupun harganya yang sangat mahal atau bahkan tidak masuk akal.

Gaya hidup yang konsumtif dan serba mewah ini bisa berdampak buruk bagi pelakunya. Apalagi bagi mereka yang memiliki penghasilan pas-pasan. Gaya hidup konsumtif yang serba mewah sebenarnya sudah muncul sejak jaman dulu, yaitu di kalangan bangsawan yang memiliki kekayaan dan harta yang berlimpah. Mereka cenderung membeli barang yang mewah, sebagai cara mendapatkan pengakuan atas status sosialnya. Hal inilah yang menjadi pemicu kesenjangan sosial antara yang kaya dengan yang miskin.

Berikut ini solusi yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan atau menghindari gaya hidup mewah yang konsumtif yang patut dicoba.

Baca juga: Berita Gaya Hidup Mewah Artis Ibukota

Sadari Kemampuan

Cara pertama yang bisa dilakukan agar terhindar dari sifat konsumtif adalah menyadari kemampuan finansial yang dimiliki. Banyak orang yang memaksakan dirinya mendapatkan barang yang diinginkan tanpa menyadari kemampuannya. Akibatnya akan merepotkan diri sendiri karena penghasilan habis dalam waktu yang singkat.

Walaupun penghasilan Anda besar, sebaiknya hindari membeli barang yang tidak penting. Alangkah baiknya jika menyisihkan penghasilan untuk ditabung untuk kebutuhan yang tidak terduga atau dana investasi hari depan.

Biasakan Diri Untuk Menabung

Menabung adalah salah satu kegiatan menyisihkan uang. Ada banyak cara menabung yang bisa dipilih sesuai selera, seperti menabung di Bank atau celengan di rumah. Menyisihkan tabungan saat awal bulan sekitar 5%-10% merupakan disiplin yang menyenangkan. Walaupun nampaknya mudah, untuk sebagian orang menabung adalah hal yang sulit, apalagi bagi orang yang gaya hidupnya sangat mewah. Ada keuntungan yang bisa didapat dan dirasakan dengan menabung, baik untuk jangka pendek maupun panjang.

Hidup Lebih Hemat

Hemat yang dimaksud adalah bisa berarti membelanjakan uang untuk barang-barang yang dibutuhkan bukan yang diinginkan. Cara ini menjadi solusi tepat untuk mencegah gaya hidup yang konsumtif. Manusia tidak pernah lepas dari kebutuhan, apalagi sekarang semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Sebaiknya jauhi sifat ingin atau belanja barang-barang yang tidak diperlukan.

Perlu diketahui bahwa gaya hidup berhemat adalah gaya hidup yang dilakukan oleh orang-orang kaya yang sukses. Agar dapat berhemat diperlukan sikap yang disiplin. Ada banyak artikel yang membahas tips hidup berhemat yang bisa Anda coba aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan membuat daftar belanjaan, untuk mencegah membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Itulah beberapa solusi bagaimana caranya mencegah atau menghilangkan gaya hidup mewah yang cenderung konsumtif. Jika kebiasaan tersebut tidak dihilangkan akan berdampak merugikan, baik sekarang maupun di masa yang akan datang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *