Cara Aman Ketika Booking Tiket Kereta Secara Online

Kereta Api

Kereta ApiKini menggunakan sarana transportasi umum untuk melakukan perjalanan panjang semakin nyaman dan aman. Pemerintah selalu berusaha untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang memanfaatkan transportasi umum salah satunya adalah kereta api. Sebagai contohnya, pembelian tiket kereta yang dahulu harus dilakukan di loket-loket stasiun yang memakan banyak waktu serta tenaga kini dapat dilakukan dimana saja dengan menggunakan sistem pembelian online. PT KAI telah melakukan kerjasama dengan berbagai situs jual beli online maupun gerai minimarket dan bank tertentu untuk dapat memberikan pelayanan penjualan tiket dengan harga yang sama dan sistem yang terintegrasi.

Pembelian tiket secara online memberikan kelebihan yang dibutuhkan masyarakat yaitu:

• Dapat dibeli darimana saja sehingga orang tidak perlu datang ke stasiun terutama jika rumahnya jauh dari stasiun terdekat.

• Dapat dibeli kapan saja karena menggunakan sistem komputerisasi.

• Sistem pembayaran juga dapat dipilih sesuai dengan keleluasaan pembeli.

• Menghemat waktu karena tidak harus mengantri.

Sudah banyak situs jual beli yang kini telah membuka penjualan tiket resmi dari KAI. Pastinya mereka telah mendapat ijin dan akses sehingga sistem langsung terupdate dengan sistem penjualan tiket dari berbagai stasiun dan tempat penjualan lainnya. Hal tersebut diperlukan untuk menghindari double booking yang bisa saja terjadi karena beberapa pembeli melakukan pemesanan dari beberapa tempat yang berbeda. Namun dengan sistem terpadu atau terintegrasi melalui koneksi internet, hal tersebut dapat dihindari sehingga pemesanan tiket lebih aman dan cepat.

Bagi Anda yang masih belum pernah membeli tiket kereta secara online, maka agar lebih aman perlu memperhatikan beberapa point dibawah ini yaitu:

1. Belilah tiket dari aplikasi penjualan online yang sudah terpercaya.

Harga tiket di beberapa aplikasi online tidaklah berbeda, karenanya lebih baik Anda langsung membelinya dari aplikasi penjualan online yang telah memiliki nama besar agar lebih aman dan mudah dalam mengeceknya.

2. Lakukan pemilihan kursi.

Menu ini dapat dipilih dapat juga diabaikan. Namun bagi Anda yang bepergian secara berkelompok, ada baiknya mengisi menu seat agar mendapatkan tempat duduk yang bersamaan sehingga dapat saling menjaga satu sama lain.

3. Lakukan pembayaran dengan segera.

Pada sistem penjualan tiket online, calon pembeli akan diberi waktu sekitar 45 menit untuk melakukan pembayaran. Anda harus segera melakukan pembayaran sebelum waktu booking habis agar tidak mengulang proses dari awal. Telitilah ketika membayar meliputi nomor rekening dan nominal pembayarannya agar memudahkan proses verifikasi.

4. Mencetak tiket menggunakan kode booking.

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan dikirimi kode booking yang harus ditukarkan dengan tiket asli. Datanglah ke stasiun minimal 1,5 jam lebih awal untuk menukarkan kode booking dengan tiket yang diperlukan.

Dengan membeli tiket kereta online Anda akan dapat melakukan pemesanan tiket dengan lebih cepat dan nyaman. Agar pemesanan terhindar dari penipuan, maka pesanlah tiket hanya melalui tempat penjualan online terpercaya yang kini sudah banyak ada di Indonesia. Lakukan juga pembayaran dengan tepat hingga ke digit terakhir dari nominal yang harus Anda bayarkan agar memudahkan sistem memverifikasi pembayaran Anda. Jangan lupa bahwa kode booking yang dikirimkan harus ditukarkan terlebih dahulu di loket stasiun sehingga Anda akan memerlukan waktu sebelum menaiki kereta. Bawalah kartu identitas saat menukarkan kode booking agar proses verifikasi dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *