Gaya Hidup Sederhana Yang Membuat Hidup Menjadi Bahagia

Hidup sederhana adalah gaya hidup yang tidak berlebihan atau apa adanya namun tetap memberikan makna. Gaya hidup sederhana disarankan untuk kesuksesan hidup, jiwa dan pikiran yang tenang .

Di tengah kehidupan yang berjalan dengan cepat, segalanya serba modern dengan tingkat konsumsi yang tinggi pilihan hidup sederhana merupakan salah satu cara mengendalikan diri terbawa arus gaya hidup konsumtif. Berikut ini beberapa ciri orang sederhana yang bisa dijadikan contoh.

Baca juga: Tips Gaya Hidup Yang Lebih Sederhana

Hidup Apa Adanya

Ciri-ciri orang yang gaya hidupnya sedehana adalah tidak mengada-ngada atau apa adanya. Dalam artian ia akan menerima keadaan apapun dan menerima kondisi apapun tanpa mengeluh atau menggerutu. Namun bukan berarti mereka menerima kondisi apapun, ada saatnya mereka berpikir dan menganalisis kekurangan dan menyusun strategi untuk mengembangkan dirinya agar hidupnya lebih baik.

Bersyukur Atas Apa Yang Sudah Dimiiki

Ciri berikutnya hidup sederhana adalah mensyukuri apa yang sudah dimiliki. Hidup sederhana ini dapat mengendalikan diri untuk mendapatkan atau memiliki sesuatu yang membuat tersiksa karena belum memilikinya. Karena ambisi untuk memiliki sesuatu dapat membuat hai dan pikiran gelisah.

Dengan bersyukur akan lebih mengedepankan rasa terima kasih kepada tuhan atas apa yang  sudah diberikan. Sehingga membuat hati tenang dan bisa lebih fokus bekerja.

Gaya Hidup Tidak Berlebihan

Gaya hidup sederhana bisa menentukan takaran apa yang harus dilakukan. Dalam hidupnya mereka tidak akan berlebihan baik dalam hal melakukan sesuatu atau untuk memiliki sesuatu. Namun bukan berarti mereka tidak memperhatikan kualitas. Malah mereka cenderung memperhatikan kualitas dibandingkan kuantitas.

Orang yang sederhana tidak akan pelit belanja barang-barang yang berkualitas namun barang-barang tersebut benar-benar dibutuhkan. Selain itu mereka lebih cermat mengatur pengeluaran. Orang yang sederhana sangat sadar dengan mengatur keuangan maka dapat terhindar dari masalah keuangan.

Belanja Secukupnya

Ciri-ciri orang yang hidupnya sederhana dapat mengatur pengeluaran dengan baik. Iaakan membelanjakan uang secukupnya dan fokus terhadap daftar belanja.

Mendahulukan Membeli Barang Yang Dibutuhkan

Orang sederhana selain dapat mengatur keuangan juga memiliki kebiasaan belanja barang-barang yang diperlukan bukan yang diinginkan. Kebiasaan membuat daftar barang yang diperlukan dapat membantu diri lebih disiplin dan mengeliminasi barang apa saja yang tidak perlu dan yang perlu.

Menghindari Hutang Dan Menyisihkan Uang Untuk Ditabung

Karena orang sederhana pandai mengatur keuangan secermat mungkin, maka ia akan menghindari dari kebiasaan berhutang. Mereka akan berpikir berulang kali dan menghindari dari hutang. Karena seperti kita ketahui jika ada hutang dapat mengacaukan kondisi keuangan.

Orang yang menjalankan gaya hidup sederhana akan berusaha menyisihkan uang untuk ditabung. Memiliki tabungan bisa dijadikan investasi untuk hari depan atau kebutuhan yang tidak terduga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *