Referensi Gaya Hidup Menggunakan Uang Dengan Bijak

Di jaman serba modern seperti sekarang ini, segala sesuatunya selalu berkaitan dengan uang. Semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi semakin banyak pula pengeluaran. Namun tidak sedikit kita melihat dari berbagai referensi gaya hidup orang-orang yang mewah, boros senang menghambur-hamburkan uang tanpa berpikir panjang.

Biasanya orang yang hidupnya boros disebabkan karena memiliki keinginan yang tidak bisa ditahan. Jika belanja karena dasar keinginan tidak akan pernah ada habisnya. Kita sebagai manusia memiliki nafsu ingin memiliki sesuatu. Namun jika kebiasaan tersebut tidak segera dirubah, maka lama kelamaan dapat merugikan masa depan. Nah, dalam pembahasan berikut ini, kita akan berbagi referensi gaya hidup menggunakan uang dengan bijak.

Baca juga: 7 Gaya Hidup Sukses, Makmur Dan Sejahtera Di Tahun 2017

Mempertimbangkan Kualitas

Biasanya orang yang berhemat, saat membeli barang lebih memilih harganya yang murah. Namun jangan sampai tidak mempertimbangkan poin penting lainnya, yaitu kualitas barangnya itu sendiri.

Membeli barang yang harganya lebih mahal namun kualitasnya bagus, ternyata lebih bisa lebih hemat dibandingkan membeli barang yang harganya murah namun kualitasnya jelek. Misalnya bandingkan harga tas yang harganya Rp 50 ribu dengan yang Rp 100 ribu dengan kualitas yang berbeda. Harga tas Rp 50 ribu ternyata hanya bisa bertahan selama 1 bulan saja, sedangkan yang Rp 100 ribu dapat bertahan cukup lama. Artinya, jika Anda membeli tas yang harganya Rp 50 ribu sama saja boros, karena harus membeli tas baru akibat cepat rusak.

Tidak Gila Merk

Untuk sebagian orang menggunakan barang dengan merk terkenal apalagi dari luar negeri menjadi kebanggaan bahkan hal ini menjadi gaya hidup modern kekinian. Sebenarnya merk lokal tidak kalah menarik dengan luar negeri, baik dari segi model maupun kualitasnya. Menggunakan barang lokal menjadi salah satu bentuk tindakan bagaimana kita mencintai produk-produk buatan dalam negeri dan turut serta membantu para produsen lokal.

Belanja Menggunakan Kupon Gratis

Jangan malu menggunakan voucher belanja atau makan gratis. Dengan memanfaatkan voucer tentu akan lebih menghemat pengeluaran, jadi sisa uang bisa dialokasikan untuk ditabung atau kebutuhan lainnya.

Memilih Liburan Hemat

Liburan menjadi salah satu kebutuhan untuk melepaskan penat setelah sehari-hari mengerjakan rutinitas pekerjaan. Berlibur tidak selalu harus ke luar kota atau ke luar negeri. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat waisata yang ada di koa Anda atau menghabiskan liburan hanya di rumah.

Jika liburan dilakukan di rumah, bisa diisi dengan kegiatan yang asik dan menyenangkan. Misalnya, menonton film, membaca buku, berkumpul bersama teman atau keluarga dsb.

Itulah referensi gaya hidup mengeluarkan uang dengan bijak dan tepat. Tips terakhir yang tidak kalah penting adalah membuat pencatatan pemasukan dan pengeluaran uang. Dengan adanya catatan keuangan tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi menuju gaya hidup yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *