Menelaah Berita Terkini

Tahu kan, akhir-akhir ini banyak sekali berita yang berseliweran di jagad dunia sosial. Mulai dari sekedar berita tentang masak-memasak, informasi tentang lomba online, atau pun berita yang dibekali judul persuasif dan aneh. Berita terkini yang beredar sebaiknya kamu baca dahulu, melakukan pencarian informasi dari sumber lain, dan jangan asal membagikan laman berita tersebut. Bisa jadi apa yang ada dalam informasi tersebut hoax atau tidak benar. Sayang sekali kan kalau kamumenyebarkan berita yang belum valid.

Jadi sebenarnya apa sih hoax itu? Banyak yang meyakini asalnya dari kata ‘hocus pocus’ yang sering dipakai para pesulap saat melakukan pertunjukan. Kata hoax sendiri sudah dipakai ratusan tahun silam. Kata itu memiliki arti kabar bohong atau berita palsu. Nah, jadi jika ada berita dengan judul yang mencurigakan, dan konten yang diragukan keabsahannya, baiknya jangan dibagikan di media sosial, guys.

Sering kali kamu secara tidak sengaja menemukan postingan tentang berita di sosial media, kan. Judul yang nyeleneh dan cenderung persuasif membuat pembaca penasaran isinya, tapi tunggu dulu. Kamu bisa aja masuk ke jebakan berita hoax. Lalu bagaimana cara membedakan berita hoax dan yang benar?

Berita terkini yang beredar di media sosial bisa jadi berita bohong, jikainformasinya tidak mempunyai sumber yang berdasar, guys. Jadi kamu cukup mudah membuat kesimpulan untuk hal ini. Apalagi jika mengutip dari sumber yang tidak jelas, maka bisa dipastikan ini bohong. Dibohongi itu sakit, guys.

Judul yang terlihat bombastis dengan kalimat spektakuler yang menarik perhatian, sebenarnya tidak selalu berisi konten yang tidak benar, lho. Namun jika kamu ragu, tidak ada salahnya mencari tahu dari sumber lain. Cara mudahnya bila berita yang diragukan itu mengutip dari lama portal berita lain, kamu tinggal crosscheck. Biasanya untuk membuat seolah tampak aktual dan terpercaya, berita hoax disertai dengan foto. Jika kamu penasaran dengan foto yang tidak dilabeli hanya sebagai ilustrasi, coba saja cek di google. Sumber foto yang asli akan terlihat.

Jika kamu ingin menyebarkan berita di media sosial, pikirkan juga dampaknya. Berita yang berisi konten palsu bisa menimbulkan hal negatif. Pilihlah berita yang menurut kamu lebih bermanfaat bagi banyak orang, bukan yang merugikan. Lalu bagaimana jika ada temanmu yang ikut menyebarkan berita palsu di media sosial? Hal yang mudah dilakukan adalah, mengingatkan temanmu, bila perlu suguhi pula berita terkini yang sedang disebarkan oleh temanmu.

Pilihan kamu menyebarkan berita sebagai warga media sosial, secara tidak langsung bisa membuat temanmu yang lain ikut menyebarkan. Jadi, sebaiknya kamu bijak dalam menentukan berita yang lebih pantas dibagikan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *