Gaya Hidup Terbaru Di Zaman Masyarakat Milinea

Gaya hidup, tak lepas dari zaman yang menaunginya. Setiap generasi terus lahir. Di setiap generasi tertentu mempunyai style dan perkembangannya sendiri, setelah beberapa tahun dan style tersebut usang digantikan dengan perkembangan gaya hidup terbaru. Begitu seterusnya, sampai saat ini yang kata para ahli disebut sebagai masyarakat milinea, masyarakat era tahun 2000an, masyarakat di era sekarang, memang berbeda jauh dengan generasi jauh sebelum 2000an. Banyak faktor yang menyebabkan, perbedaan tersebut. Banyak perubahan yang cukup signifikan yang terjadi di era sekarang.

 

Perkembangan teknologi, perkembangan budaya, perkembangan fashion, perkembangan arus informasi internet sampai perkembangan politik itu sendiri pun membuat sebuah pola yang baru. Sebuah pola yang merubah gaya hidup masa kini. Tak heran, di zaman sekarang anak-anak muda sebagian besar lebih suka membaca buku lewat smartphone canggihnya, ketimbang membaca buku cetak, tak heran kalau di masyarakat milinea arus informasi mengenai berita dan ilmu pengetahuan mengalir tanpa batas, tanpa sekatan, dan tak sulit mencarinya. Kita bisa masuk ke internet, dan mencari apa yang ingin kita ketahui. Gaya hidup terbaru pada masyarakat milinea memang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, baik dari bentuk fisiknya maupun dunia mayanya.

 

Di zaman sekarang internet menjadi sebuah kepastian dan keharusan. Banyaknya media-media sosial yang ditemukan pada hari ini, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, WhatsApp, BBM dan lain-lain, menjadi alat komunikasi modern digital yang canggih, cepat, dan mudah. Orang-orang dari seluruh dunia bisa menyapa kita yang ada di belahan lainnya dengan cepat dan hemat. Kita tidak hanya bisa mengirim teks, tapi kita bisa mengirim gambar, video dan data. Penemuan alat komunikasi digital tersebut tentunya berdampak pada banyak hal pada gaya hidup manusia.

 

Di satu sisi, anak-anak muda yang lahir pada zaman milinea ini dihadapkan pada alat-alat canggih yang berkembang. Mau tidak mau, mereka pasti menginginkannya, seperti pada perkembangan video game. Video game  online beberapa tahun terakhirnya juga menciptakan gaya hidup terbaru yang hits di kalangan anak-anak muda, remaja bahkan dewasa. Karena gambar pada game online seperti nyata, dan kita bisa berinteraksi dengan para member-member tertentu dari belahan dunia lainnya, bersaing menjadi pemenang dan bersaing untuk meraih poin tertinggi. Walaupun mereka tidak saling kenal, dan hanya mengenalnya lewat karakter pada permainan game online. Belum lagi, munculnya Virtual Reality pada video game, sebuah alat canggih yang dimana si pemain bisa merasakan hadir di alam dunia game, dengan menggunakan alat-alat tertentu. Pemain juga bisa merasakan bau, sentuhan dan rasa sakit dengan menggunakan Virtual Reality.
Gaya hidup masa kini, memang harus dilihat dari banyak sisi. Di satu sisi, kita harus tetap menjaga identitas kita jangan tercebur dan tenggelam larut dalam arus zaman. Karakter kita sebagai manusia timur, harus dijunjung dan dijaga selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *