5 Gaya Hidup Sehat  Jasmani dan Rohani Ala Santri

Penyakit kadang datang menyerang kita, tanpa kita prediksi. Untuk itu sebagai manusia kita wajib menjaga kesehatan dan kebugaran kita selalu, setiap hari. Tak terkecuali bagi mereka, yang hidup jauh dari keluarga, dalam hal ini adalah para pencari ilmu di pesantren atau santri, yang kalau kita teliti mereka cukup bahagia menimba ilmu agama, dengan pikiran yang sehat secara jasmani maupun ruhani. Walaupun mereka jauh dari rumah, tapi mereka tetap selalu menjaga kesehatan mereka dengan gaya hidup yang teratur dan disiplin sesuai aturan pesantren. Berikut  5 gaya hidup sehat jasmani dan rohani ala santri yang patut Anda ketahui.

1.Puasa Senin – Kamis:
Sudah menjadi rahasia umum kalau di beberapa pesantren, ada yang menerapkan puasa senin – kamis untuk para santrinya, walaupun dibeberapa pesantren juga ada yang tidak menerapkannya, tapi masih banyak santri yang menerapkan puasa senin – kamis secara individu. Dalam sebuah penelitian ilmiah, disebutkan, kalau manfaat berpuasa sangat mujarab bagi kesehatan tubuh, salah satunya seperti mengeluarkan racun dalam tubuh, manfaat puasa senin kamis memang dipercaya bisa mengelurkan racun yang sudah mengendap dalam tubuh karena asupan-asupan makanan yang kita makan sehari-sehari. Jadi puasa senin – kamis untuk menetralisir atau membuang racun-racun tersebut.

2.Olahraga Seminggu Sekali:

Biasanya para santri diwajibkan untuk berolahraga seminggu sekali secara berkala. Dengan olahraga secara teratur seminggu sekali ini, biasanya hari Jumat, santri diajak untuk sekedar melemaskan otot-otot mereka biar tidak kaku dan tegang,karena proses pembelajaraan yang sangat ketat membuat tubuh mereka harus digerakkan dengan cara berolahraga. Seperti olahraga lari, futsal, basket, pinpong, bulutangkis, atau senam.

Baca juga: TIPS DAN INFO GAYA HIDUP SEHAT

3.Memperbanyak Minum Air Putih:

Kebugaran dan kesehatan santri tetap terjaga sekalipun mereka  belajar maupun mengaji selama satu hari full,  ternyata dibalik itu kebugaran mereka juga didapatkan dari seringnya mereka memperbanyak minum air putih setiap hari, yang biasanya langsung mereka dapatkan dari air pegunungan yang jernih dan higinis. Ya, tentu saja air putih, karena di area pesantren minuman-minuman dingin, minuman bergula maupun bersoda tidak begitu familiar dan jarang juga mereka menikmatinya.

4.Seringnya Berdzikir:

Kaum santri memang identik dengan pembelajaran ilmu spiritual, yang bisa meningkatkan ketaqwaan mereka kepada Tuhan, salah satunya dengan seringnya  berdzikir, yang memang sudah menjadi santapan mereka sehari-hari di pesantren. Dengan seringnya berdzikir pikiran mereka lebih fresh, dan terhindar dari beban stress, prasangka dan penyakit hati. Mereka lebih terlihat damai dan tenang dalam menghadapi hari-hari mereka.

5. Bangun Pagi:

Santri memang diajarkan untuk bangun pagi-pagi atau bangun di kala shubuh, lalu biasanya mereka akan mandi atau menyiram wajah mereka untuk siap-siap ke masjid. Kebiasaan tersebut sudah menjadi gaya hidup sehat turun temurun dalam kehidupan pesantren. Ternyata bangun pagi atau shubuh membawakan manfaat yang besar pada kesehatan, seperti wajah menjadi lebih sehat alami, cantik, dan bersih, menyehatkan paru-paru, menyehatkan jantung, sistem imun meningkat, dan bisa meningkatkan peredaran darah.

Semoga 5 tips gaya hidup sehat ala santri bisa bermanfaat bagi Anda, yang ingin menerapkan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *