Tips Gaya Hidup Hemat Anak Kost

Menajdi anak kost, terutama dengan keuangan pas-pasan yang hanya mengandalkan uang kiriman dari orang tua, harus bisa berhemat dan mengatur keuangan dengan baik. Dengan mengatur keuangan terutama pengeluaran, anak kost tetap bisa bertahan hidup tanpa harus berutang hingga kiriman bulan berikutnya datang. Anak kost harus mengartur keuangan sebab pengeluaran yang harus dipenuhi bermacam-macam, mulai dari uang makan, uang bayar kost, uang transport, hingga berbagai keperluan bulanan lainnya. Jika tidak mampu mengatur keuangan dengan baik, anak kost akan menjalani hidup seperti pepatah “Gali lubang tutup lubang”, yaitu harus berutang sana-sini ketika kehabisan uang, dan harus membayar dengan uang jajan bulan berikutnya. Salah satu hal yang sangat mempengaruhi sedikit banyaknya pengeluaran anak kost adalah gaya hidup dan pergaulannya. Agar bisa hidup hemat dan mengatur keuangan dengan baik, berikut ini adalah beberapa tips gaya hidup hemat yang harus dicoba dan diterapkan oleh anak kost.

Memilih Teman Bergaul

Memilih teman bergaul akan mempengarhui gaya hidup anak kost. Pilihlah teman bergaul yang positif, yang tidak memiliki gaya hidup jetset. Yang paling aman, pilihlah teman bergaul dari kalangan yang setara, terutama dari segi ekonomi. Memilih teman bergaul bukan berarti pilah-pilih dalam berkawan. Berkawan boleh dengan siapa saja, tapi mencari kawan dekat untuk nongkrong bareng haruslah lebih selektif. Jika salah bergaul, bukan hanya akan membuat boros dan memperbanyak pengeluasan, melainkan juga dapat menjerumuskan ke arah yang negatif.

Menabung di Awal Bulan

Cara mudah untuk berhemat adalah dengan menabung di awal bulan. Tabungan di awal bulan sekitar 20-30% dari jumlah keseluruhan uang kiriman yang diberikan oleh orang tua. Tabungan tersebut jangan diambil kecuali ada kebutuhan yang benar-benar mendesak.

Baca juga: Manfaat Makanan Vegetarian Untuk Kesehatan

Membagi Pengeluaran

Bagilah uang sesuai dengan pengeluaran. Setidaknya, sisa uang yang sudah ditabung di awal bulan dibagi ke dalam lima kelompok: untuk uang kost, untuk makan, untuk transport, untuk kebutuhan kuliah, dan untuk jajan. Jika perlu, pisahkan masing-masing uang yang sudah dibagi tersebut ke wadah atau laci yang berbeda-beda. Jika akan pergi makan, ambillah uang khusus makan. Begitu pula jika ingin jajan, gunakanlah uang khusus untuk jajan. Dengan membagi pengeluaran, maka anak kost akan tahu pengeluaran untuk apa yang paling besar, sehingga bisa disiasati.

Mengatur Pola Makan

Dalam berbagai penelitian, ditemukan fakta bahwa pengeluaran terbesar anak kost adalah untuk uang makan, selebihnya untuk jajan. Oleh sebab itu, lebih menghemat pengeluaran untuk makan, sebaiknya anak kost mengatur pola makan. Mengatur pola makan bukan berarti mengurangi jumlah dan porsi makanan, melainkan mengatur lauk-pauk yang akan dikonsumsi. Misalnya, pagi sudah makan daging, sebaiknya siang atau malam harinya makan sayuran. Selain lebih hemat, mengatur pola makan akan lebih sehat.

Itulah beberapa tips gaya hidup hemat untuk anak kost. Suka nongkrong tidak masalah asalkan budget untuk nongkrong sudah dipikirkan secara matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *