Olahraga yang Menjadi Gaya Hidup Terbaru Kaum Urban

Kaum urban merupakan orang-orang desa atau kota kecil yang pindah ke kota besar karena alasan pekerjaan atau alasan lainnya. Sebutan kaum urban juga sering disematkan pada sekolompok masyarakat pendatang yang hidup di pinggiran kota-kota besar. Kaum urban menjadi subaltern kelompok masyarakat yang memiliki gaya hidup tersendiri. Terbiasa hidup di desa dan kemudian harus menjalani kehidupan di kota besar tentu menimbulkan keunikan dari pola hidup kaum urban, mulai dari pola pikirnya, kebiasaannya, hingga wataknya. Tidak jarang, kaum urban memposisikan diri mereka sebagai kaum kelas menengah, baik dari segi finansial maupun intelektual. Di satu sisi mereka merasa lebih superior dibandingkan orang-orang yang hidup di desa atau kampung, namun di sisi lain sering merasa minder dengan kaum jetset dengan kemampuan ekonomi dan intelektual yang melebihi mereka. Maka tidak heran jika kaum urban memiliki kebiasaan unik yang menjadi gaya hidup terbaru, yang merupakan ikhtiyar mereka dalam menyiasati keadaan agar bisa bertahan di kota besar.

Tidak hanya dalam hal finansial, dalam hal berolahraga atau menjaga kesehatan pun kaum urban harus menyiasati ruang dan waktu. Terbatasnya ruang terbuka di kota, juga waktu yang dirasa sempit karena harus menjalankan kesibukan pekerjaan, membuat kaum urban harus pintar menjaga kesehatannya. Berikut ini adalah beberapa olahraga yang menjadi gaya hidup terbaru kaum urban.

  1. Bersepeda

Bersepeda di akhir pekan menjadi alternatif pilihan untuk menjaga kesehatan. Kaum urban yang cenderung hidup individual membuat mereka harus memilih olahraga yang bisa dijalankan seorang diri. Maka pilihan olahraga yang paling memungkinkan adalah bersepeda. Harga sepeda yang relatif murah bagi kocek sebagian besar kaum urban, tersedianya hari khusus tanpa kendaraan bermotor di akhir pekan, membuat kaum urban banyak yang menjatuhkan pilihannya pada sepeda sebagai sarana olahraga. Selain itu, bersepeda juga tidak terlalu menguras tenaga.

Baca juga:

  1. Pergi ke Gym

Gym merupakan tempat olahraga yang dipenuhi berbagai sarana peralatan olahraga seperti untuk lari di tempat (treadmil), angkat beban, bahkan hingga sauna. Menjalankan berbagai gerakan olahraga di satu ruangan besar merupakan cara berolahraga paling efektif bagi sebagian besar kaum urban. Semua anggota tubuh dilibatkan, dan arena yang dipilih bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang. Tidak heran jika kaum urban banyak menghabiskan waktu luangnya di gym, bahkan pada malam hari sepulang dari kantor sekalipun, banyak gym yang masih penuh.

  1. Boxing

Tidak peduli pria atau wanita, saat ini ikut latihan boxing menjelma menjadi gaya hidup terbaru kaum urban. Tidak perlu datang ke sasana khusus, sebagian besar kaum urban menggunakan jasa pelatih boxing untuk dipanggil ke lokasi tertentu, yang bisa jadi rumah pribadi, dan melakukan latihan boxing secara rutin dan berkala, bersama beberapa rekanan yang mau diajak ikut serta. Angka kriminalitas yang cukup tinggi di kota besar, menjadi alasan mengapa jenis olahraga beladiri ini sangat diminati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *