Tips Gaya Hidup Sehat dari Makanan dan Minuman

Kesehatan merupakan hal yang paling mahal harganya. Kesehatan tidak akan pernah bisa ditakar dengan uang. Namun, banyak sekali orang yang tidak terlalu peduli dengan kesehatannya hingga kemudian mereka menyesal ketika sudah terkena penyakit. Banyak sekali orang yang menyadari kekeliruan akan gaya hidupnya dan kemudian mulai menerapkan gaya hidup yang sehat dan positif. Meskipun sebenarnya menerapkan gaya hidup sehat cukup mudah dan sederhana, namun tidak semua orang sanggup menjalankannya. Pola pergaulan dan kehidupan manusia modern yang menuntut kecepatan dan cenderung praktis membuat gaya hidup sehat tidak mudah untuk dijalankan. Apalagi, untuk menerapkan gaya hidup yang positif, setiap orang harus konsisten. Selain harus konsisten, gaya hidup sehat juga harus dimulai sejak usia muda, sebab umumnya kebiasaan di waktu muda akan mempengaruhi kondisi kesehatan di masa tua. Salah satu cara membiasakan hidup sehat bisa dimulai dari makanan dan minuman. Berikut ini adalah beberapa tips gaya hidup sehat dari makanan dan minuman.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Makanan sehat bukan hanya menerapkan konsep empat sehat lima sempurna, melainkan mengatur pola makan dan menu makan dengan asupan gizi yang seimbang. Makanan yang sehat akan memenuhi kebutuhan tubuh kita akan asupan gizi. Makanan wajib yang harus dikonsumsi setiap hari adalah makanan yang mengandung protein, kerbohidrat, lemak, meneral, dan berbagai vitamin. Makanan-makanan seperti nasi dan sayuran akan menjadi sumber energi bagi tubuh. Sementara vitamin, protein, dan mineral sangat penting untuk menjaga sel-sel dan senyawa dalam tubuh, sebingga sistem metabolisme dapat berjalan dengan maksimal. Selain mengkonsumsi makanan yang sehat, hindarilah makanan-makanan instan dan makanan yang diolah dengan memanfaatkan bahan kimia dan komposisi yang berbahaya bagi tubuh.

Baca juga: Manfaat Makanan Vegetarian Untuk Kesehatan

Menghindari Minuman Bersoda dan Beralkohol

Tips gaya hidup sehat selanjutnya adalah menghindari minuman bersoda dan minuman beralkohol. Minuman yang bersoda mengandung bahan pemanis yang sangat tinggi sehingga jika mengkonsumsinya akan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi minuman bersoda terus-menerus akan membuat tulang menjadi keropos. Minuman bersoda bahkan juga dapat menyebabkan obesitas.

Jika minuman bersoda sudah dikategorikan berbahaya bagi tubuh, minuman beralkohon kadar bahayanya lebih besar dari minuman bersoda. Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat berisiko berbahaya bagi tubuh, seperti tumor hari, kesusakan hati, darah tinggi, dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Banyak Minum Air Putih

Tips gaya hidup yang paling mudah diterapkan adalah banyak mengkonsumsi air putih. Air putih sangat baik bagi kesehatan. Usahakan untuk meminum air putih minimal delapan gelas setiap hari untuk menghindari dari dehidrasi. Minum air putih secara teratur bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi. Selain itu, air putih juga dapat membuang racun di dalam tubuh melalui air seni yang dikeluarkan. Bahkan disarankan untuk minum air putih setiap jam jika sedang bekerja agar menjadi energi bagi tubuh.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *