Tips Gaya Hidup Sederhana untuk Pengantin Baru

Menjalani hidup setelah pernikahan tentunya akan berbeda dibandingkan ketika masih hidup sendiri sebagai single. Jika sebelumnya bisa berhura-hura dengan uang yang didapatkan, maka setelah menikah segalanya perlu diatur, apalagi untuk pengantin baru yang tentunya perlu mempersiapkan masa depan keluarga. Dan berikut ini adalah tips gaya hidup sederhana yang bisa dipraktekkan oleh pengantin baru:

  1. Saling Terbuka dengan Pasangan

Salah satu rahasia rumah tangga yang awet adalah adanya keterbukaan, termasuk juga dalam hal keuangan. Ungkapkan perihal kondisi keuangan masing-masing, berapa penghasilan istri dan berapa penghasilan suami. Kemudian bicarakan pula mengenai bagaimana sistem pengaturan keuangan yang akan dijalani dalam rumah tangga agar tidak ada konflik ke depannya.

  1. Catat Kebutuhan dan Pengeluaran

Catat kebutuhan apa saja yang perlu diprioritaskan setiap harinya dan setiap bulannya. Hal ini untuk bisa memilah mana kebutuhan yang mendesak dan mana kebutuhan yang tidak mendesak. Catat pula mengenai kebutuhan pokok seperti makan, pakaian, dan sewa rumah.

  1. Menabung di Awal Bulan

Sebaiknya menabunglah di awal bulan, jadi uang yang ditabung haruslah stabil setiap bulannya. Apabila menabung di akhir bulan yang ditabung adalah sisa dari penghasilan yang sudah dikurangi kebutuhan. Hal ini tentunya akan membuat uang yang ditabung tidak menentu dan bisa jadi uang bulanan habis dan tidak ada uang yang masuk ke tabungan.

  1. Tahan Gengsi

Setiap pengantin baru yang sebelumnya bisa membeli barang-barang mahal sesuka hati tentunya harus bisa mengubah kebiasaan tersebut. Salah satu tips gaya hidup sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menahan gengsi untuk membeli barang-barang mahal apabila hanya digunakan untuk pamer saja. Pikirkan kebutuhan untuk masa depan yang tentunya akan semakin banyak dan semakin besar.

  1. Prioritaskan Kebutuhan Dibanding Keinginan

Sebagai pengantin baru biasanya akan banyak hal yang diinginkan, misalnya pergi bulan madu, beli motor baru, beli mobil dan sebagainya. Sebelum mengeluarkan uang untuk hal-hal tersebut sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu apakah hal tersebut adalah kebutuhan ataukah sekadar keinginan. Dalam pernikahan, untuk mendapatkan kondisi keuangan yang kokoh haruslah bisa membuat pondasi ekonomi yang kuat terlebih dahulu, salah satu caranya adalah dengan memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan. Pasangan pengantin baru haruslah mengingat bahwa pernikahan bukanlah hubungan satu atau dua hari, akan tetapi akan dijalani seumur hidup. Ada masa depan yang harus dijalani dan tentunya membutuhkan banyak biaya seperti untuk persiapan kelahiran, pendidikan anak, dan lain sebagainya. Oleh karena itu bersikap bijak dalam keuangan rumah tangga harus dilakukan sedini mungkin.

  1. Investasi

Dibandingkan mengeluarkan uang untuk membeli ponsel baru atau kendaraan baru hanya karena gengsi, lebih baik uang tersebut diinvestasikan seperti investasi dengan emas atau reksadana yang tentunya akan berguna di masa depan.

Itulah tips gaya hidup sederhana untuk pengantin baru yang bisa dipraktekkan. Ingat, rumah tangga adalah kehidupan bersama antara suami istri, oleh karena itu dalam tindakan yang menyangkut keuangan keluarga harus dibicarakan terlebih dahulu bersama pasangan demi masa depan yang bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *