Info Gaya Hidup Sehat untuk Wanita Hamil

Masa-masa kehamilan merupakan masa yang banyak dinantikan oleh para perempuan. Bisa memiliki momongan adalah impian setiap orang, sehingga ketika memasuki masa kehamilan, para wanita akan cenderung protektif, menjaga makanan dan pola hidupnya agar janin yang dikandungnya sehat dan dapat berkembang secara baik dan sempurna. Para wanita hamil harus lebih banyak beristirahat, sebab beraktivitas dan bekerja terlalu berat akan berbahaya bagi janin. Oleh sebab itu, para wanita yang sedang menjalani masa kehamilan harus mencari banyak informasi terkait dengan kehamilan, mulai dari tips-tips yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil, pantangan-pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil, dan makanan-makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi atau dihindari oleh ibu hamil. Berbagai informasi tersbut sangat dibutuhkan agar wanita yang sedang menjalani masa kehamilan tidak salah memilih makanan dan tahu mengenai kegiatan atau rutinitas yang berbahaya bagi kehamilan. Berikut ini akan dibahas mengenai info gaya hidup sehat untuk wanita hamil.

Menjaga Pola Makan

Wanita hamil harus makan secara teratur, sebab janin yang dikandung akan mendapat asupan makanan dari apa yang dimakan oleh ibunya. Selain makan yang teratur, menjaga pola makan juga harus dilakukan. Hindarilah makanan-makanan yang berbahaya bagi kehamilan, seperti buah nanas muda, buah nangka, dan buah durian. Hindari pula makanan yang bersantan karena akan membuat ketuban menjadi keruh. Makanan-makanan yang menjadi bahan pembuatan jamu juga harus dihindari, seperti daun pepaya dan tumbuhan jamu lainnya. Perbanyaklah makanan yang mengandung protein dan nutrisi, seperti ikan laut, buah-buahan, dan daging merah yang pengolahannya tidak dengan cara dipanggang atau dibakar. Imbangi makanan dengan vitamin dan susu khusus untuk ibu hamil agar janin dapat berkembang dan tumbuh secara maksimal.

Baca juga: GAYA HIDUP SEHAT UNTUK IBU HAMIL

Bagi wanita yang ingin melahirkan secara normal, disarankan untuk menghindari minuman-minuman dingin, sebab minuman dingin bisa membuat ukuran bayi menjadi besar, sehingga akan sulit ketika akan melahirkan secara normal. Minum jus buah seperti jus apel dan jus jeruk boleh dan bahkan disarankan, dengan catatan jus tersebut tidak terlalu dingin. Minumlah air putih yang banyak agar tidak mudah dehidrasi, sebab wanita hamil lebih mudah dilanda lelah.

Rutin Berolahraga Ringan

Info gaya hidup untuk wanita hamil yang selanjutnya adalah rutin berolahraga ringan. Berolah raga ringan juga sangat disarankan untuk membantu melancarkan ketika proses kelahiran. Biasakan untuk berjalan kaki setidaknya 20 menit setiap pagi, namun usahakan jangan sampai merasa lelah ketika menjalanjan olahraga ringan tersebut. Olahraga yang sangat disarankan untuk wanita hamil adalah senam kehamilan dan yoga. Gerakan-gerakan pada senam kehamilan merupakan latihan untuk melemaskan otot-otot rahim sehingga ketika melahirkan nanti, wanita akan lebih siap, terutama ketika menghadapi kontraksi dan bukaan. Sementara berlatih yoga akan sangat membantu wanita hamil untuk terbiasa mengatur pernafasan. Kemampuan mengatur pernafasan secara teratur sangat dibutuhkan ketika proses melahirkan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *