Tips Gaya Hidup Sehat Ala Cristiano Ronaldo

Jika harus menyebut satu saja pemain sepakbola terbaik di dunia saat ini, maka jawaban sebagian besar orang tidak akan jauh dari nama Cristiano Ronaldo. Saingan berat Lionel Messi ini berhasil mengantarkan Portugal meraih gelar juara Piala Eropa 2016, gelar yang sekaligus mengantarkannya memperoleh gelar individu Ballon D’or sebagai pemain terbaik dunia di tahun yang sama. Kesuksesan yang diraih Ronaldo tentu tidak datang secara instan. Pemain berjuluk CR7 tersebut mengakui bahwa kesuksesan yang diraihnya banyak dipengaruhi oleh gaya hidup dan latihan yang teratur. Selain berlatih keras, Ronaldo sangat menjaga pola makannya, mahkan ia menerapkan diet teratur beberapa hari menjelang pertandingan. Berikut ini akan diulas mengenai beberapa tips gaya hidup sehat ala Cristiano Ronaldo yang bisa dijadikan inspirasi bagi kita yang ingin hidup sehat.

Makan yang Teratur

Makan yang teratur, bagi Ronaldo bukan sekadar makan terjadwal tiga kali sehari. Makan teratur berarti juga menjaga pola makan, makanan-makanan apa yang harus dikonsumsi dan dihindari agar asupan bagi tubuh menjadi seimbang. Makanan yang tepat akan menghasilkan energi dan berfungsi sebagai bahan bakar bagi tubuh.  Ronaldo mengaku sering mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar protein tinggi, seperti ikan laut, yang dikombinasikan dengan memakan buah dan sayuran. Selain itu, sebisa mungkin CR7 menghindari makanan-makanan yang terlalu manis. Ketika ditanya mengenai menu makanan favoritnya, Ronaldo menyebut steak dan salad berbahan dasar ikan laut.

Baca juga:

Inilah Kelebihan Ronaldo, Lelaki Tampan Primadona Dunia Bola

Di luar pola makannya yang teratur, tips gaya hidup sehat Ronaldo yang lainnya adalah menghindari minuman beralkohol. Pernah suatu ketika Ronaldo menolak tawaran menggiurkan dari produsen minuman beralkohol untuk menjadi bintang iklannya, namun Ronaldo menolak tawaran tersebut, menurutnya, orang yang hampir tidak pernah mengkonsumsi alkohol tidak layak menjadi bintang iklan minuman beralkohol.

Pola Latihan

Latihan yang efektif, bagi Ronaldo bukan melulu latihan yang berat dan keras sepanjang waktu, melainkan latihan yang terorganisir dengan rapi. Ronaldo menyusun sendiri pola latihannya yang disesuaikan dengan kondisi tubuhnya. Ia menyarankan untuk mengkombinasikan kardio dengan latihan beban. Kombinasi latihan tersebut dianggap Ronaldo sebagai latihan yang menyenangkan. Latihan-latihan ringan juga harus disisipkan di sela-sela kegiatan rutin sehari-hari. Misalnya, Ronaldo rutin melakukan latihan penguatan otot perut di ranjangnya sehabis bangun tidur dan sebelum tidur.

Di sela-sela latihan fisik yang berat, Ronaldo juga mewajibkan dirinya untuk mendengarkan musik agar otot dan pikirannya lebih rileks. Ronaldo menganggap bahwa latihan fisik juga harus diimbangi dengan latihan mental dan jiwa. Untuk melatih jiwanya, ia banyak mendengarkan musik. Sementara untuk melatih mental dan jiwa bersaingnya, ia banyak berlatih dan berkompetisi dengan teman-temannya untuk meningkatkan motivasi.

Berkat gaya hidup sehat dan pola latihan yang terukur dan teratur tersebut, tidak heran jika Ronaldo menjadi pemain dengan ketahanan fisik yang luar biasa ketika sudah berada di atas lapangan. Berbagai prestasi yang diraih Ronaldo membuktikan bahwa kerja kerasnya selama ini tidak sia-sia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *