Gaya Hidup Kini Berhemat Gaya Ibu Rumah Tangga Yang Patut Ditiru

Merencanakan keuangan keluarga bukanlah hal yang mudah, apa yang dilakukan para ibu rumah tangga bisa dijadikan contoh. Gaya hidup terkini berhemat ala ibu rumah tangga bisa kita tiru. Apa saja kebiasaan ibu rumah tangga berhemat yang bisa kita tiru? Simak pembahasannya berikut ini:

  • Tidak Selalu Harus Beli Barang Baru

Gaya hidup terkini yang harus kita tiru dari ibu rumah tangga adalah menggunakan barang-barang yang masih layak pakai dan bisa dimanfaatkan. Misalnya dalam hal fashion yang perkembangannya sangat pesat. Hampir dalam waktu yang bersamaan keluar berbagai trand berbusana yang baru.

Tidak semua trand berbusana harus kita ikuti, walaupun koleksi pakaian di lemari sudah tidak up to date lagi, namun dari segi fungsi masih bisa digunaan.

  • Membeli Produk Di Tempat Glosir

Membeli barang satuan memang terkesan mahal. Namun apabila membeli barang dalam jumlah glosiran harganya jauh lebih murah. Kejelian para ibu memprediksi kebutuhan rutin yang harus dibeli dengan memanfaatkan membeli barang secara grosir menjadi cara efektif untuk hemat.

  • Menggunakan Transportasi Seperlunya

Masyarakat sekarang banyak yang menggunakan transportasi kendaraan bermotor untuk berpergian, termasuk jaraknya dekat. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk para ibu yang lebih memilih jalan kaki menuju tujuan yang jaraknya dekat. Ibu yang hemat akan memilih menggunakan transportasi seperlunya saja. Selain hemat, manfaat jalan kaki membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

  • Menabung Rutin

Ibu cerdas selalu bisa menabung secara rutin dan tidak mengandalkan sisa uang bulanan. Untuk bisa menabung rutin, umumnya ibu akan mengalokasikan/ memisahkan anggaran keuangan bulanan yang harus dikeluarkan.

  • Membuat Daftar Pengeluaran

Cara para ibu agar bisa berhemat adalah dengan cara membuat daftar pengeluaran yang diprioritaskan. Ibu yang pintar akan mendahulukan kebutuhan yang wajib didahuluman, baru kemudian kebutuhan lainnya di luar kebutuhan wajib. Ada tips efektif untuk membuat anggaran yang tertib, yaitu menggunakan metode aplop yaitu membagi uanggnya ke dalam amplop sesuai dengan kebutuhan.

Dengan demikian diharapkan dapat menggunakan anggaran untuk keperluan sehari-hari sesuai dengan perencanaan dan tidak akan melebihi anggaran yang sudah ditetapkan.

  • Rajin Menyimpan Uang Koin

Biasanya kita meremehkan uang koin yang di dapat dari kembalian. Namun untuk para ibu uang koin akan sangat membantu pada saat kritis. Anda bisa menyimpan uang koin ke dalam toples yang tidak terpakai untuk menyimpan koin.

  • Membeli Barang Yang Dibutuhkan Bukan Yang Diinginkan

Ibu yang cerdas akan mendahulukan membeli barang yang dibutuhkan. Biasanya ibu akan mempertimbangkan terlebih dulu sebelum pada akhirnya membelinya. Gaya hidup terkini agar lebih hemat ini perlu ditiru karena Anda akhirnya benar-benar membeli barang yang dibutuhkan dan sesuai dengan fungsinya. Dengan demikian kegiatan berbelanja menjadi lebih seksama dipikirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *