Berita Gaya Hidup Yang Bisa Menyebabkan Penuaan Dini

Seiring waktu tubuh  akan semakin renta dan semakin tua. Menjadi tua adalah hal yang alami dalam siklus hidup. Namun proses penuaan masing-masing orang berbeda-beda, ada yang mengalami pubresitas awal dan ada yang lambat. Hal yang sama terjadi dalam proses penuaan. Berita gaya hidup dalam artikel ini akan membahas faktor-faktor yang menyebabkan penuaan dini.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit wajah dan tubuh menjadi lebih cepat tua dibandingkan waktunya. Baik kulit lelaki maupun wanita. Faktor apa sajakah yang mempengaruhi faktor penuaan dini? Lebih jelasnya simak ulasan berita gaya hidup berikut ini.

Kebiasaan Atau Gaya Hidup Tidak Sehat

Kesehatan dan keremajaan kulit sangat dipengaruhi oleh kebiasaan atau gaya hidup sehari-hari. Kebiasaan yang buruk, seperti: begadang, merokok, minum alkohol, stess membuat kulit lebih cepat kering dan tua sebelum waktunya.

Kulit yang kering menjadi salah satu penanda kulit yang tua. Pada usia masih produktif, biasanya kulit manusia bertekstur baik dan kencang. Namun, karena kebiasaan yang buruk membuat kulit cepat menjadi kering dan tidak elastic lagi.

Faktor Lingkungan

Lingkungan tempat dimana Anda tinggal dapat mempengaruhi penuaan dini. Misalnya: jika lingkungan Anda banyak terdapat asap polusi dan radiasi matahari bisa menyebabkan kulit menjadi cepat tua. Untuk mencegah bahaya lingkungan, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan kriem tabir surya untuk mencegah kulit rusak dan terkena kanker kulit.

Faktor Usia

Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, bahwa tua adalah proses yang alami dan siapapun akan mengalami tahap tersebut. Namun, Anda masih bisa menghambat atau mengurangi efek penuaan pada kulit. Sehingga penuaan kulit bisa berkurang. Salah satu caranya bisa dengan melakukan gaya hidup sehat dan melakukan perawatan alami yang tidak membahayakan kulit. Dengan demikian kulit akan memproduksi sel-sel kulit saat Anda memasuki usia 30 tahun.

Faktor Genetik

Ada beberapa kasus penuaan dini yang disebabkan karena faktor keturunan. Karena gen turunan seseorang menjadi lebih tua sebelum waktunya, namun ada juga faktor keturunan yang membuat seseorang tampak lebih muda dibandingkan dengan umurnya.

Kondisi Fisik

Kulit adalah salah satu tanda fisik yang memperlihatkan kesehatan. Ketika tubuh mengalami gangguan atau masalah kesehatan, efeknya bisa muncul dari kulit. Misalnya: kulit menjadi tidak kencang dan tidak bercahaya. Itu sebabnya, kita harus selalu menjaga kesehatan tubuh agar kulit tetap terjaga kesehatannya.

Perawatan

Walaupun sudah pasti suatu saat akan mengalami penuaan kulit, namun tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan dan mengurangi kerusakaan/ penuaan sebelum waktunya. Oleh sebab itu perlu sekali melakukan perawatan sejak dini.

Demikian pembahasan mengenai berita gaya hidup yang bisa membuat kulit menjadi tua sebelum waktunya. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *