Trend Lifestyle Remaja 90-an

Setiap era atau masa memiliki trend lifestyle yang berbeda-beda, begitu juga dengan remaja yang hidup pada masa 90-an. Ada banyak trend gaya hidup yang tentunya sangat lekat dengan remaja 90-an, karena pada masa ini merupakan masa peralihan dan pengenalan awal era teknologi. Apa saja trend gaya hidup yang terkait erat dengan remaja 90-an? Berikut ulasannya:

  1. Anak Nongkrong MTV

Anak 90-an tentunya tak bisa dilepaskan dengan MTV atau Music Television. Bagi penggemar atau penonton acara ini biasa disebut dengan Anak Nongkrong MTV. MTV memang menjadi salah satu acara televisi yang paling digemari oleh remaja Indonesia kala itu. Acara musik ini berisi segment-segment seru seputar dunia musik, pemutaran video klip baik indonesia maupun luar negeri. Acara ini juga dipandu oleh VJ atau Video Jockey yang cantik, tampan, smart, serta dikenal hingga dunia internasional. Bahkan ada pula pemilihan VJ yang digelar oleh MTV, dan banyak VJ yang kini pun menjadi selebritis terkenal seperti Nadya Hutagalung, Sarah Sechan, Daniel Mananta, Jamie Aditya, Nirina Zubir, dan lain-lain.

  1. Lagu Pop Romantis

Jika masa sekarang lagu-lagu pop banyak yang berlanggam melayu, maka remaja 90-an memiliki genre musik pop yang manis serta romantis. Seperti lagu-lagu Coldplay, The Corrs, Westlife, dan lagu-lagu dari band-band tersebut pun masih nikmat didengar hingga sekarang.

  1. Pensi

Hingga saat ini Pensi atau Pentas Seni di sekolah memang masih banyak dilakukan oleh sekolah-sekolah di Indonesia, akan tetapi adanya Pensi ini diawali oleh sekolah-sekolah masa 90-an dan menjadi tren gaya hidup para remaja 90-an. Tak gaul jika belum datang ke pensi. Pada tahun 90-an, ada tiga sekolah yang menjadi pioneer diadakannya pensi yaitu SMU 82 Jakarta, SMA Pangudi Luhur, dan SMA Tarakanita.

  1. Ekskul Softball/Baseball

Dalam hal ekskul, trend lifestyle remaja 90-an juga dilanda booming dan trend ekstrakurikuler Softball serta Baseball. Trend ekskul ini memang hanya melanda remaja Jakarta, hal ini karena memang hanya kota Jakarta lah yang memiliki infrastruktur memadai untuk ekskul olahraga ini.  

  1. Modern Dance

Bagi remaja perempuan yang terbilang gaul, biasanya mengikuti ekskul modern dance, atau ikut les modern dance di luar sekolah. Mereka ini biasanya tak hanya tampil untuk ekskul atau acara sekolah saja, namun juga diundang untuk acara-acara di Mall.

  1. Pager

Jika pada masa sekarang komunikasi bisa dilakukan lewat ponsel, namun trend remaja tahun 90-an adalah menggunakan pager untuk berkomunikasi. Alat ini berukuran kecil dan cara menggunakannya adalah dengan saling bertukar pin pager beserta nomor operatornya. Untuk penulisannya adalah dengan pesan pendek layaknya sms.  

Itulah trend lifestyle yang khas dan lekat dengan remaja tahun 90-an yang sebagian masih ada hingga sekarang, namun sebagian lainnya tak lagi ada dan hanya menjadi kenangan yang membahagiakan untuk remaja yang hidup di tahun 90-an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *