Informasi Terkini tentang Hari Libur dan Cuti Bersama 2017

Hari libur dan cuti bersama merupakan hari-hari yang banyak dinantikan oleh masyarakat Indonesia, tak hanya oleh para anak sekolah maupun kuliah, tapi juga oleh para pegawai kantoran. Hari libur dan cuti bersama memang menjadi sesuatu yang menyenangkan karena bisa bersantai dan pergi berlibur tanpa terganggu dengan adanya pekerjaan kantor, lemburan, atau tugas-tuga sekolah dan kuliah. Dan menurut informasi terkini, pada tahun 2017, ada penambahan hari libur serta cuti bersama.

Pemerintah lewat KEMENPAN dan RB, Kemenakertrans, serta Kemenang, diputuskan bahwa hari libur nasional pada tahun 2017 bertambah dua hari. Apabila ada hari libur nasional yang jatuh tepat pada hari Minggu, maka cuti bersamanya akan digantikan di hari lainnya.

Hal tersebutlah yang kemudian menjadi dasar penambahan hari libur, untuk libur 1 Januari 2017 yang jatuh tepat pada hari Minggu, hari liburnya akan diganti pada 2 Januari 2017. Selain itu, ada pula hari Idul Fitri yang jatuh pada 25 Juni 2017 tepat pada hari Minggu, hari liburnya akan diganti pada tanggal 27 Juni 2017.

Cuti bersama Hari Raya Idul Fitri yang awalnya tanggal 23, 27, serta 28 Juni 2017, maka akan disatukan menjadi 25 Juni hingga 30 Juni 2017.  Adanya pergeseran hari cuti bersama ini dilakukan atas dasar pertimbangan agar mudik lebaran bisa dilaksanakan pada hari Jumat malam atau hari sabtu dikarenakan lebarannya jatuh pada 25 Juni 2017 (Minggu).

Meski begitu, menurut informasi terkini, untuk jumlah cuti tahunan pegawa negeri secara akumulatif yang sebanyak 12 hari, tidaklah berubah, setelah dikurangi adanya cuti bersama 6 har, maka sisa cuti tahunan PNS 6 hari.

Dengan adanya penambahan hari libur dan cuti bersama ini, diharapkan bisa mendorong adanya perkembangan pada sektor parawisata domestik serta bisa menggerakkan perekonomian masyarakat lewat UMKM.  

Perubahan penambahan hari libur dan cuti bersama tahun 2017 ini juga telah ada dalam SKB/02/MENPAN-RB/11/2016 dan SKB No. 684 Tahun 2016 dan No. 302 Tahun 2016.

Selain bisa menjadi penggerak perekonomian di sektor pariwisata, adanya penambahan jumlah hari libur dan cuti bersama ini diharapkan juga bisa meningkatkan kinerja para pegawai karena pikiran yang semula memiliki beban kerja yang berat, bisa menjadi lebih ringan sehingga bisa memberikan input yang lebih baik ke depannya.

Kenapa begitu? Karena hari libur memang enjadi masa dimana seseorang bisa merefresh kembali otak dan pikiran dengan hal-hal positif serta menghilangkan hal-hal negatif dari dalam pikiran, sehingga semangatpun bisa menjadi naik dan semangat kerja pun akan semakin tinggi.

Informasi terkini mengenai hari libur dan cuti bersama ini memang penting, karena setiap orang butuh liburan dan hiburan agar tidak stress dan depresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *