Gaya Hidup Sehat dengan Food Combining

Di era modern seperti sekarang ini, ada beragam gaya hidup sehat yang bisa dijalani, salah satunya adalah food combining yang merupakan cara sehat dengan mengatur pola makan dengan mengacu pada sistem cerna tubuh.

Pola makan ini mengacu pada sistem alami pencernaan tubuh untuk menerima serta mengolah jenis makanan yang serasi agar tubuh mampu memproses makanan tersebut secara maksimal.

Gaya hidup sehat dengan food combining ini sebenarnya mudah, yaitu dengan mendasarkan pola makan pada 3 (tiga) hal, yaitu apa yang dimakan, waktu makan, serta bagaimana cara mengonsumsi makanan tersebut.

Untuk menjalani food combining, makanan yang dikonsumsi harus terdiri dari beberapa bahan, yaitu makanan pati, makanan protein, sayuran, serta buah. Zat pati bermanfaat sebagai sumber tenaga, protein untuk membentuk sel-sel baru, sayuran untuk membentuk basa, dan buah untuk membantu pencernaan serta membersihkan sisa makanan yang menumpuk di usus besar.

Ketika menjalani food combining, buah yang dikonsumsi haruslah buah yang segar dan tidak dimasak terlebih dahulu, jika memungkinkan konsumsi buah-buahan organik, sebelum mengkonsumsi buah cuci terlebih dulu di bawah air yang mengalir, dan untuk menghindari efek pestisida, kupas kulit buah sebelum dikonsumsi.  

Waktu konsumsi makanan dalam program food combining yaitu pada pagi hari, saat tubuh melakukan pembuangan, maka makanan yang dikonsumsi adalah makanan ringan serta mudah diserap tubuh, dan untuk waktu siang, sore, serta malam, konsumsi makanan yang sifatnya lebih padat.

Pada pagi hari, saat tubuh selesai bermetabolisme dan mulut masih kering, sebaiknya minum Air Jeniper (Jeruk Nipis Peras) untuk mengaktifkan enzim-enzim dalam tubuh serta membantu membersihkan lendir yang menjadi sisa metabolisme dalam sistem cerna. Air perasan jeruk nipis ini juga bisa menjadi tonik untuk liver, apabila liver sehat, maka tubuh pun akan sehat.

Untuk membuat Air Jeniper ini pun sangatlah mudah, yaitu dengan mencampurkan air hangat dan air perasan jeruk nipis. Apabila masih terasa panas, Jeniper bisa ditambahkan lagi dengan air putih biasa.

Meminum air jeniper ini sebaiknya dilakukan saat bangun tidur, dan saat perut belum terisi atau belum makan apapun. Minum air jeniper secara perlahan, sebelum ditelan, sebaikya diamkan sejenak dalam mulut sehingga bercampur dengan air ludah. Jangan meminum air jeniper sekali tenggak.

Setelah meminum air jeniper, saat pagi haripun sebaiknya mengkonsumi makanan yang mudah dicerna seperti makan buah-buahan. Untuk pemula, bisa mengkonsumsi buah secara berkala, dari pukul 06.00-11.00. Buah sebaiknya dikonsumsi ketika perut kosong, dan jangan menyantap buah setelah makan. Pastikan kunyah buah secara benar agar tercampur dengan air liur sebelum kemudian menelannya.

Itulah gaya hidup sehat yang bisa dijalani dengan program food combining, selain melakukan food combining dengan cara yang benar, penting pula menjalaninya dengan konsisten agar hasilnya pun bisa maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *