Gaya Hidup Sehat Stop Merekok Dengan Cara Alami

Apakah Anda mengalami masalah sulit berhenti merokok? jika ya, jangan khawatir karena ada cara alami yang bisa Anda coba untuk memulai gaya hidup sehat tanpa rokok, yaitu mengkonsumsi 4 jenis makanan yang dipercaya dapat membantu mengurangi ketergantungan pada rokok. Tidak sedikit orang sulit berhenti merokok, apalagi lingkungan yang mendukung dan semakin banyak, mudahnya mendapatkan rokok di pasaran.

Menurut beberapa ahli kesehatan, menyebutkan bahwa ada 4 jenis makanan anti rokok yang bisa membantu melepaskan kecanduan terhadap rokok dan membuat gaya hidup menjadi lebih sehat. Sebelum kita membahas makanan tersebut, ada baiknya kita mengetahui bahaya rokok bagi kesehatan. Yuk, ikuti ulasannya berikut ini.

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan

Tentu kita semua sudah tidak asing dengan peringatan ‘Dilarang Merokok”, malah di kemasan rokok itu sendiri terdapat peringatan bahayanya merokok bagi kesehatan. Salah satu dampak buruk dari merokok adalah menderita penyakit jantung. Sebanyak 20% penyebab kematian penyakit jantung berkaitan dengan kebasaan merokok.

Rokok menjadi berbahaya karena kandungan 4000 bahan kimia yang terdapat di dalam sebatang rokok. Ratusan bahan di antaranya merupakan zat beracun yang sifatnya kanker. Bahan-bahan rokok yang berbahaya antara lain adalah karbon monoksida, gas oksigen, tar dan benzene. Untuk lebih jelasnya berikut ini akan kita bahas bahaya rokok bagi kesehatan.

  • Merokok bisa menyebabkan stroke dan menyebabkan kerusakan pada otak. Bahkan tidak menutup kemungkinan berdampak pada kematian. Merokok juga bisa memicu resiko aneurisma otak yaitu pembengkakan pada pembuluh darah akibat lemahnya dinding pembuluh darah.
  • Bau mulut dan rusaknya gigi. Masalah seriis bisa memicu resiko kanker lidah, tengkorokan, pita suara dan bibir.
  • Beresiko terkena kangker paru-paru karena bahan kimia yang terkandung di dalam rokok berpotensi merusak sel di paru-paru. Penyakit lainnya yang serius pada paru-paru adalah: pneumonia, bronchitis dan emfisema.
  • Bisa menyebabkan penyakit asam lambung, ulkus dan kanker lambung.
  • Merusak tulang dan lebih cepat terkena osteoporosis.
  • Penuaan dini, kulit menjadi kering, muncul kerutan dan cepat tua.
  • Mengganggu sistem reproduksi.

Makanan Yang Membantu Mengurangi Ketagihan Rokok

Ada 4 jenis makanan yang dipercaya dapat membantu berhenti merokok, yaitu:

  • Susu

Mengkonsumsi produk dari susu bisa membuat rasa rokok menjadi tidak enak. Bereda dengan daging, kopi dan alkohol bisa membuat rokok menjadi lebih enak.

  • Sayuran dan Buah

Mengkonsumsi sayuran dan buah bisa membuat perut merasa kenyang dan membuat rasa rokok menjadi tidak enak.

  • Permen Lolipop

Makan lollipop adalah trik yang bisa digunakan untuk mengurangi rokok. Anda jangan khawatir dengan kandungan gula yang lebih, caranya konsumsi juga makanan sehat seperti sayur dan buah.

  • Teh herbal

Teh herbal bisa dijadikan salah satu cara gaya hidup sehat memberhentikan kebiasaan merokok. mengkonsumsi teh herbal bisa membantu terhidrasi dengan baik dan membuat pikiran menjadi lebih rileks.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *