Berita Terkini, Akibat Sering Begadang

Bagi sebagian orang, begandang menjadi salah satu kebiasaan. Pola tidur yang tidak teratur tersebut bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Itu sebabnya mengapa begadang sebaiknya dihindari, karena dampak negatif yang ditimbulkan. Berikut ini adalah berita terkini mengenai gangguan dan penyakit yang disebabkan karena terlalu sering begadang.

Konsentrasi Cepat Menurun

Tidur memiliki peranan penting mengembalikan kondisi pikiran. Jika kurang tidur bisa mempengaruhi banyak hal, seperti: konsentrasi menurun, sulitnya berpikir dengan cepat, sensitifitas kewaspadaan menurun. Tidur pada waktu malam hari berfungsi untuk memperkuat memori yang ada dalam pikiran. Itu sebabnya, jika Anda kurang tidur kemampuan mengingat menjadi menurun.

Gangguan Kesehatan Yang Serius

Gangguan akibat kurang tidur pada tahap yang serius bisa menimbulkan berbagai resiko kesehatan, seperti:

  • Serangan jantung
  • Penyakit jantung
  • Gagal jantung
  • Detak jantung menjadi tidak teratur
  • Stroke
  • Diabetes
  • Hipertensi.

Berita terkini dari beberapa penelitian menyatakan bahwa 90% penderita insomnia (susah tidur) akan mengalami masalah kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Gairah Seks Menurun

Kurang tidur pada pria dan wanita dewasa bisa menyebabkan menurunnya libido dan dorongan untuk melakukan hubungan seksual. Hal ini disebabkan karena badan lesu, lemas, mengantuk, energi terkuras dan tensi meningkat.

Sebuah penelitan yang diterbitkan dalam journal of Clinical Endocrinoloy dan metabolism pada tahun 2002 menunjukkan bahwa umumnya orang yang menderita sleep apnea memiliki kadar testosterone rendah.

Menyebabkan Stress, Depresi

Sebuah penelitian pada tahun 1997 yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Pennsylvania melaporkan bahwa orang yang mengalami kurang tidur dari 5 jam/ hari selama 7 hari akan mengalami rasa mudah marah, sedih, stress, lelah mental dan tidak menutup kemungkinan terkena depresi.

Bahkan studi yang dilakukan pada tahun 2007 yang melibatkan 10.000 orang menemukan bahwa pengidap insomnia, lima kali lebih rentan terkena depresi. Bahaya insomnia adalah nafsu makan yang menurun akibatnya sangat rentan terkena penyakit.

Kulit Yang Tidak Sehat

Kebanyakan orang yang mengalami insomnia mengalami masalah pada kulitnya. Kulit menjadi lebih pucat dan mata membengkak. Jika dalam kondisi kronis, bisa menyebabkan garis-garis halus di wajah, lingkaran hitam di bawah mata dan kulit terlihat sangat kusam.

Jika tubuh kurang tidur maka tubuh akan melepaskan lebih banyak hormone kortisol dan stress. Jika jumlahnya berlebihan kortisol dapat memecah kolagen pada kulit atau protein yang fungsinya untuk menjaga kulit tetap elastis dan halus.

Kurang tidur, juga bisa menyebabkan tubuh sedikit mengeluarkan hormone pertumbuhan. Hormone pertumbuhan fungsinya untuk memperkuat tulang, meningkatkan massa otot dan menebalkan kulit.

Demikian berita terkini mengenai beberapa masalah yang akan timbul jika kurang tidur atau begadang. Agar tidak terhindar dari masalah-masalah tersebut, maka hindari begadang dan jam tidur harus cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *