Panduan Gaya Hidup Sehat untuk Pengantin Baru

Hidup berkeluarga memang memberikan kejutan-kejutan sendiri bagi pasangan yang baru menikah. Banyak hal baru yang dapat terungkap dan diketahui dari kebiasaan dan sifat pasangan yang baru diketahui setelah hidup bersama dalam ikatan perkawinan, baik itu kebiasaan baik hingga kebiasaan buruk pasangan. Tidak jarang, kebiasaan-kebiasaan pasangan lambat laun akan menular dan saling mempengaruhi. Beruntung jika kebiasaan yang menular adalah kebiasaan baik. Namun jika yang menular adalah kebiasaan buruk, maka hal tersebut tentu tidak baik untuk kelangsungan kehidupan rumah tangga. Salah satu kebiasaan pasangan yang mempengaruhi kehidupan rumah tangga adalah gaya hidup. Tidak jarang, gaya hidup seseorang, baik itu gaya hidup suami atau gaya hidup istri, akan saling mempengaruhi. Agar keluarga baru yang dibangun memiliki gaya hidup sehat, maka pasangan suami istri perlu mempertimbangkan untuk menerapkan gaya hidup berikut ini.

  • Rutin Berolahraga

Berolah raga merupakan kunci utama gaya hidup sehat. Namun bagi pasangan pengantin baru, berolahraga seringkali diabaikan, sebab menganggap bahwa berhubungan seks sudah mengeluarkan keringat dan dianggap sebagai kegiatan pengganti olahraga. Padahal, berolahraga intinya bukan hanya berkeringat, tapi melemaskan semua anggota tubuh, terutama yang berkaitan dengan persendian. Aktivitas sehari-hari harus diimbangi dengan olahraga yang teratur agar badan lebih bugar untuk melakukan aktivitas apapun, baik aktivitas rumah tangga maupun akltivitas yang berkaitan dengan pekerjaan. Usahakan untuk mengajak pasangan berolahraga setiap pagi atau setiap sore.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pasangan pengantin baru adalah tidak berhati-hati dalam memilih makanan. Bahkan rata-rata pengantin baru yang sedang dimabuk asmara mengatakan bahwa yang paling penting bukan makanannya, melainkan kebersamaannya. Apapun makanannya, asal dimakan bersama-sama, pasti akan jadi enak rasanya. Padahal, anggapan yang demikian sangatlah keliru. Dalam hal makanan, pasangan yang baru menikah harus sangat selektif, sebab makanan yang dikonsumsi akan sangat mempengaruhi kesehatan, dan yang lebih penting lagi makanan akan mempengaruhi kesuburan. Hindari makanan instan, makanan yang mengandung bahan pengawet, minuman beralkohol dan minuman bersoda, sebab jenis-jenis makanan dan minuman tersebut dapat mempengaruhi kesuburan.

  • Istirahat yang Teratur

Salah satu gejala umum yang dialami oleh pasangan yang baru menikah adalah disorientasi waktu. Dalam skala yang paling ringan, disorientasi waktu dapat diartikan dengan tidak tahu waktu. Aktifitas suami istri di malam hari seringkali membuat lelah sehingga tertidur hingga terlambat bangun karena kelelahan. Bergesernya jam tidur malam mengakibatkan bergesernya waktu beraktivitas secara keluruhan, bahkan akan sangat mempengaruhi gaya hidup dan kebiasaan. Pasangan pengantin baru harus bisa mengatur waktu tidur dan beristirahat dengan teratur agar kehidupannya lebih sehat.

Itulah beberapa kiat gaya hidup sehat bagi pasangan pengantin baru. Hidup berumah tangga memang indah dan penuh kejutan. Namun jangan sampai keindahan itu terganggu oleh penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *