Tips Gaya Hidup Hemat Pengantin Baru

Menjadi pengantin baru memang merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi pasangan yang baru menikah. Dapat hidup bersama dengan orang yang dicintai dan menghadapi semua hal bersama-sama akan membuat segalanya terasa lebih mudah dan lebih indah. Namun seiring berjalannya waktu, masalah demi masalah pun bermunculan, terutama yang berkaitan dengan masalah finansial atau keuangan. Masalah keuangan memang menjadi masalah utama yang dihadapi oleh setiap pasangan pengantin baru. Penghasilan yang semula hanya untuk digunakan untuk keperluan hidup sendiri kini harus memenuhi kebutuhan berdua, sehingga seringkali pendapatan yang diperolehnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehar-hari. Agar penghasilan bulanan yang diperoleh cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, pasangan yang baru menikah perlu mengatur keuangannya dengan baik dan menerapkan gaya hidup hemat. Berikut ini adalah beberapa tips gaya hidup hemat bagi pengantin baru.

  • Planning Keuangan

Setiap keluarga harus membuat perencanaan keuangan dengan baik, terutama bagi pengantin baru yang baru merasakan hidup berkeluarga. Perencanaan keuangan sangat perlu dilakukan agar kita mengetahui kebutuhan apa saja yang akan kita beli dan berapa banyak uang yang harus kita keluarkan untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan ke depan. Cara yang paling bijak untuk membuat rencana keuangan adalah membagi dana per pos, yaitu setiap kebutuhan sudah diberi budjet masing-masing. Misalnya dengan membagi uang penghasilan ke dalam empat bagian: pertama untuk berbelanja bulanan di awal bulan, kedua untuk membayar segala tanggungan seperti listrik atau cicilan, ketiga untuk kebutuhan sehari-hari seperti uang bensin dan uang jajan, dan terakhir untuk dana tak terduga. Dengan membagi dana per pos yang sudah direncanakan sejak awal, maka setiap kebutuhan akan dapat terpenuhi.

  • Gaya Berbelanja

Salah satu hal yang membuat pasangan keluarga baru sangat boros adalah terlalu sering berbelanja. Setiap berbelanja, selalu ada hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan namun tetap dibeli karena ingin. Untuk menghindari membeli hal-hal yang tidak direncanakan, tips gaya hidup yang bisa diterapkan adalah sebaiknya melakukan belanja bulanan, jangan belanja harian. Belilah kebutuhan selama satu bulan (seperti beras, gula, sabun, shampo, dll.) dalam sekali belanja. Sementara untuk kebutuhan harian seperti lauk dan sayuran harus dibatasi atau ditentukan budjetnya. Jangan pernah berbelanja harian melebihi budjet yang sudah ditentukan.

  • Menabung di Awal Bulan

Banyak sekali financial planner yang menyarankan bahwa sebaiknya setiap keluarga menyisihkan 30% pendapatan untuk ditabung. Namun hal tersebut seringkali memberatkan karena umumnya pendapatan bulannya sudah sangat mepet. Jangankan untuk menabung, untuk keperluan sehari-hari saja sudah kurang. Namun, tips untuk menabung di awal bulan perlu untuk diterapkan para pengantin baru. Tidak harus sampai 30% dari pendapatan, melainkan cukup 10% sebagai investasi masa depan.

Merencanakan keuangan bagi pengantin baru memang tidak mudah. Mau tidak mau, mereka harus menerapkan gaya hidup hemat. Beberapa tips gaya hidup sebagaimana dijelaskan di atas bisa diterapkan agar kehidupan berkeluarga yang dijalani tidak besar pasak daripada tiang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *