Yoga, Trend Lifestyle Masyarakat Urban

gayahidupmu.com-trend life styleSalah satu trend lifestyle yang banyak dilakukan oleh masyarakat urban adalah Yoga. Olahraga ini memang kian diminati oleh masyarakat. Apabila sebelumnya yoga lebih dikenal sebagai suatu aktivitas meditasi, namun kini yoga juga dipercaya mampu membakar kalori sehingga membuat tubuh lebih sehat.

Sebenarnya, Yoga adalah olahraga pikiran dan tubuh dimana tak hanya bermanfaat bagi kebugaran dan  kesegaran tubuh, namun juga bisa membantu untuk mengurangi rasa stres dan gelisah. Yoga mempunyai beragam jenis serta gerakan yang dapat dicoba. Meski begitu, secara keseluruhan yoga mampu membantu tubuh untuk menjadi rileks dan sehat.

Trend lifestyle ini memang memiliki banyak manfaat, salah satuny adalah bisa mengurangi rasa stres di pikiran. Banyak studi menyebutkan bahwa dengan yoga maka akan mampu mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa stres dan gelisah. Selain itu, mood juga akan mengalami peningkatan. Bahkan yoga juga sangat bermanfaat untuk orang yang menderita schizophrenia serta gangguan tidur.  Dengan melakukan yoga, kebugaran juga akan meningkat, tubuh akan  segar dan sehat.

Jika mempunyai resiko penyakit kronis seperti jantung dan darah tinggi, yoga juga bisa menjadi olahraga yang cocok untuk dilakukan.  Selain itu, apabila mempunyai sakit punggung, yoga juga dapat menjadi olahraga yang tepat untuk dilakukan karena yoga membantu tubuh agar lebih lentur.  

Baca juga: Artikel Gaya Hidup tentang Acroyoga

Ketika melakukan yoga, otot-otot yang ada dalam tubuh terangsang dengan baik, hal ini membuat tubuh lebih rileks, lebih lentur, dan tidak kaku, sehingga akan membuat gerakan tubuh lebih lincah dan aktif.

Beberapa gerakan yoga juga mampu membantu tubuh agar lebih lentur, otot tubuh yang lebih kuat maka koordinasi sistem dalam tubuh pun akan semakin baik.  Hal ini tentunya menjadikan tubuh lebih tegap sehingga tidak mudah letih.

Gerakan yoga yang mengutamakan teknik pernapasan akan membantu kinerja paru-paru mejadi lebih baik sehingga pernapasan dan peredaran darah pun akan lebih maksimal.

Yoga menjad teknik yang menggabungan antara pernapasan serta teknik aerobik sehingga proses peredaran darah semakin lancar dan stabil. Apabila melakukan yoga secara rutin juga menjadikan tubuh  dan pikiran lebih tenang. Pose yoga dengan teknik meditasi juga membuat tubuh jauh dari stres.

Yoga sendiri bisa dilakukan seorang diri, atau dengan mengikuti kelas yoga. Saat ini memang banyak bermunculan kelas-kelas yoga yang dilatih oleh instruktur yoga sehingga setiap gerakan yang dilakukan lebih aman dan terawasi dengan baik. .

Meski tengah menjadi trend lifestyle, namun dengan banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga yoga ini, maka tak ada salahnya untuk menekuni aktifitas ini dan melakukannya secara rutin agar tubuh pun bisa menjadi semakin sehat dan pikiran juga semakin tenang dan jauh dari stres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *