Trend Lifestyle Korea yang Booming Indonesia

gayahidupmu.com-trend lifestyleDemam Korean Pop atau K-Pop belakangan ini menjangkiti sebagian besar anak muda Indonesia, khususnya kaum remaja. K-Pop tidak hanya mempengaruhi selera musik anak-anak muda Indonesia, melainkan lebih luas lagi yaitu memunculkan suatu trend, mulai dari segi gaya berpakaian, selera film, hingga bahasa. K-Pop memang membawa angin segar bagi remaja Indonesia yang mungkin sudah bosan dengan trend yang melulu berkaca pada British, sehingga ketika K-Pop masuk ke Indonesia, sambutan dari anak muda langsung meriah. K-pop merupakan pintu masuk untuk mengenalkan gaya hidup ala Korea lainnya. Sehingga sesuatu yang berbau Korea begitu mudah diterima oleh masyarakat. Berikut ini adalah beberapa pengaruh budaya Korea yang kemudian menjadi trend lifestyle dan booming di Indonesia.

  • Vocal Group

Vocal group atau yang lebih populer dengan sebutan boyband dan girlband memang sudah masuk ke Indonesia pada dekade 1990-an, seperti misalnya Westlife, Spice Girl, dll. Namun, demam akan vocal group kembali semarak setelah K-Pop masuk ke Indonesia. Boyband dan girlband pun kemudian banyak yang dibentuk, dengan gaya busana yang sama dengan artis-artis Korean Pop, bahkan gaya menari atau koreografinya juga tidak jauh berbeda, semuanya berkiblat ke Korea Selatan. Tidak sedikit boyband atau girlband yang hanya berusia seumur jangung karena memang hanya bermodal tampang. Banyak boyband dan girlband yang bubar di tengah jalan. Namun tidak sedikit pula boyband dan girlband Indonesia yang mampu bertahan lumayan lama.

  • Korean Fashion

Gaya berbusana ala korea tiba-tiba booming dan menjadi trend lifestyle setelah semakin dikenalnya K-pop di Indonesia. Gaya berbusana artis-artis Korea memang berhasil menyihir publik tanah air, terutama oleh para penggemar fashion. Gaya berbusana artis Korea memang selalu terlihat segar dan menawarkan keunikan, sehingga memang layak untuk digandrungi. Dalam waktu lima tahun belakangan, kita semakin mudah menemukan pakaian bergaya Korea yang dijual bebas di pasaran. Hal tersebut menunjukkan bahwa permintaan pasar akan gaya berbusana ala Korea memang sangat tinggi. Tidak hanya baju atau pakaian, aksesori ala Korea yang dikenal meriah dan ramai juga banyak menjadi panutan para anak muda Indonesia.

  • Kursus Bahasa Korea

Sudah bukan rahasia lagi bahwa demam K-Pop membuat lembaga-lembaga kursus bahasa Korea (Selatan) semakin menjamur. Ikut kursus bahasa Korea sudah menjadi gaya hidup anak-anak muda Indonesia. Banyak alasan kenapa bahasa Korea semakin digemari, selain ingin memudahkan mereka dalam memahami lagu atau percakapan/ dialog film Korea yang mereka tonton, mereka juga memiliki keinginan untuk mendapatkan beasiswa ke Korea. Dengan mempelajari bahasa Korea, maka akan semakin memudahkan mereka dalam mempelajari budayanya, sebab bahasa merupakan pintu masuk untuk mempelajari suatu budaya.

Itulah beberapa pengaruh budaya Korea yang kemudian menjadi trend lifestyle dan booming di Indonesia. Korean Pop dan film-film Korea yang semakin mudah masuk ke Indonesia menjadi faktor utama dalam memperkenalkan budaya Korea ke masyarakat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *