Berita Terkini Pencipta Lagu Darah Juang

gayahidupmu.com-berita terkiniDarah Juang barangkali merupakan lagu wajib dalam setiap kegiatan mahasiswa, terutama yang terkait dengan aksi mahasiswa seperti demonstasi. Mahasiswa yang tidak mengenal atau bahkan tidak hafal lagu Darah Juang perlu diragukan status kemahasiswaannya. Darah Juang selalu dinyanyikan untuk melecut semangat dan bernuansakan kepedulian terhadap keadaan negara, menyuarakan ketimpangan yang dirasakan oleh warga negara yang tidak merasakan langsung peran negara untuk memperbaiki kehidupan padahal negara Indonesia merupakan negara yang kaya raya dan subur. Namun, tidak banyak orang atau bahkan mahasiswa mengetahui tentang siapa pencipta lagu Darah Juang yang sangat legendaris tersebut. Artikel ini akan membahas mengenai berita terkini John Tobing, pencipta lagu Darah Juang.

John Tobing merupakan aktivis angkatan 1980-1990-an yang lahir di Binjai, pada 1 Desember 1965 dengan nama Johnsony Marhasak Lumbantobing. John merupakan anak ke 3 dari 8 bersaudara. Bakal menyanyi dan mengarang lagu John Tobing mulai muncul sejak kecil, bahkan John sudah menciptakan lagu pertamanya ketika ia masih SD. John Tobing mulai aktif terlibat dalam gerakan mahasiswa sejak kuliah di Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada pada 1986. Pada 1989, John terpilih menjadi ketua Keluarga Mahasiswa UGM (KM-UGM) yang merupakan simpul pengorganisasian di berbagai kampus. Tercatat, John seringkali menjadi koordinator lapangan setiap aksi mahasiswa yang dilakukan oleh kelompok aktivis UGM.

Bakat menyanyi yang dimilikinya seakan menemukan muaranya ketika ia aktif dalam gerakan dan organisasi mahasiswa. John yang sering menjadi pemimpin aksi mahasiswa sering menyuarakan protesnya melalui lirik-lirik lagu yang kritis. Jika di jalanan atau di lokasi demonstrasi John lebih banyak menjadi koordinator lapangan dan orator, dalam berbagai kegiatan demonstrasi di panggung atau di acara diskusi-diskusi mahasiswa John bertindak sebagai penyanyi yang membawakan lagu-lagu protes yang menyuarakan ketidakadilan dan ketimpangan hidup rakyat kecil. Pada masa John menjadi mahasiswa, kondisi negeri memang sedang carut-marut sebab rezim penguasa ketika itu sering bertindak represif dan membungkam setiap suara kritis yang mempertanyakan kebijakan pemerintah.

Lagu Darah Juang yang sangat legendaris di kalangan mahasiswa sebenarnya merupakan karya kolektif yang diciptakan John bersama kawan-kawan aktivis mahasiswa lainnya, di antaranya adalah Budiman Sudjatmiko dan Satya Widodo yang dikenal sebagai aktivis 1990-an. Namun John Tobinglah yang menggubah lagu tersebut sehingga menjadi himne terbaik gerakan mahasiswa.

Berita terkini, saat ini John Tobing menghabiskan masa tuanya di Yogyakarta. John diserang stroke ringan dan harus mengkonsumsi obat secara rutin sebab penyakit batuknya yang parah. Beberapa kawan terdekat John Tobing mengatakan bahwa penyakit yang diderita John cukup serius.

Itulah berita terkini mengenai John Tobing sang pencipta lagu Darah Juang. Lagu yang merupakan sebuah ode tentang kehidupan dan keberadaan kaum marjinal dan orang-orang tertindas di negeri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *