Gaya Terkini Pakaian Berbahan Batik

gayahidupmu.com-fashion batikBatik merupakan kearifan lokal Nusantara yang sudah diakui oleh badan PBB melalui UNESCO yang meresmikan batik sebagai sebagai warisan budaya dunia (world heritage) yang termasuk ke dalam daftar representatif sebagai budaya tak benda warisan manusia, sehingga keberadaannya harus dilestarikan. Sejak diakui oleh UNESCO tersebut, batik semakin terangkat nilainya dan mulai dilirik oleh para desainer kenamaan dunia untuk dijadikan bahan dan corak pakaian hasil karya rancangan mereka. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, perkembangan batik sebagai corak dan bahan pakaian semakin pesat dengan diproduksinya berbagai model dan jenis pakaian dengan bahan dasar batik. Berikut ini adalah beberapa gaya terkini pakaian yang mengandalkan material atau corak batik.

  • Jaket Batik

Kemeja berbahan atau bercorak batik barangkali sudah sangat biasa, namun jaket batik? Tentu hal tersebut merupakan terobosan. Beberapa tahun terakhir, corak batik banyak dimanfaatkan untuk menghiasai produk jaket. Meski bahannya cenderung tipis, namun para produsen pakaian mengakali tipisnya material batik tersebut dengan mengandalkannya hanya sebagai lapisan luar untuk memperindah tampilan batik. Corak batik Nusantara yang sangat kaya dan memiliki ciri khasnya masing-masing membuat jaket yang mengandalkan corak batik menjadi tidak pasaran dan terkesan ekslusif. Tidak heran jika memakai jaket batik sudah menjadi gaya terkini di kalangan anak muda.

  • Baju Koko Batik

Baju koko batik atau baju takwa muslim bercorak batik kini menjadi trend busana muslim terbaru. Jika dahulu baju takwa atau baju koko mengandalkan bordir satu warna sebagai corak penghias baju tersebut, kini banyak produsen busana muslin melakukan terobosan dengan memproduksi baju koko bercorak batik. Perbedaan mendasar antara kemeja batik dengan baju koko batik adalah, jika pada kemeja batik corak batik begitu dominan dan didesain berkerah, pada baju koko batik corak batik hanya dijadikan penghias dan prosinya tidak lebih dari 30% bagian baju takwa. Baju koko batik cukup menarik minat pasaran terutama ketika menjelang bulan puasa dan Lebaran.

  • Kaos Bola Batik

Terobosan yang paling baik dalam rangka memperkenalkan corak batik suatu daerah dilakukan oleh beberapa klub sepak bola di Indonesia. Jika umumnya kaos bola atau jersey hanya didesain dengan logo-logo sponsor atau paling banter dengan kombinasi warna, kini sebagian besar klub sepakbola lokal memasukkan unsur dan corak batik ke dalam desain kaos tim mereka. Corak batik yang sangat beragam dan berbeda-beda antar satu daerah dengan daerah lain membuat masing-masing jersey seakan memiliki identitas tersendiri, dan berhasil mengangkat tema lokalitas dalam hal ini batik sehingga menjadi lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia secara luas.

Itulah beberapa model pakaian yang mengandalkan bahan atau corak batik yang kemudian berhasil menjadi gaya terkini dan mengambil hati sekaligus menarik perhatian masyarakat. Selain model-model pakaian yang disebutkan di atas, masih banyak lagi model pakaian lainnya yang mengandalkan motif batik sebagai corak penghias.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *