Gaya Hidup Modern yang Berbahaya bagi Kesehatan

gayahidupmu.com-makanan berbahaya

Modernitas merupakan sebuah masa ketika teknologi berkembang dengan begitu pesatnya, sehingga hal-hal yang dulu dianggap sulit dan mustahil kini menjadi mungkin dan mudah. Teknologi yang terus berkembang memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Namun di sisi lain, teknologi juga membuat manusia lebih sedikit bergerak, sehingga manusia modern rentan terhadap penyakit. Perkembangan teknologi yang melingkupi berbagai sendi kehidupan juga memunculkan gaya hidup modern yang memiliki sisi positif dan sisi negatif sekaligus. Banyak sekali gaya hidup manusia modern yang sifatnya negatif dan berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa gaya hidup manusia modern yang memiliki sisi negatif dan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Kehidupan modern yang serba cepat memaksa manusia untuk bekerja dengan cepat pula dan mengubah kehidupan manusia bergerak lebih cepat, sehingga tidak salah jika modernitas diidentikkan dengan kehidupan yang serba instan. Salah satu gaya hidup modern yang berdampak buruk bagi kesehatan adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan instan. Makanan cepat saji biasanya diperoleh di gerai-gerai makanan atau bahkan bisa diperoleh melalui layanan antar langsung ke rumah.

Makanan cepat saji berbahaya bagi kesehatan sebab memiliki kandungan gula dan garam yang berlebih, sehingga berpotensi menyebabkan obesitas. Makanan cepat saji juga banyak mengandung minyak dan bahan pengawet yang akan membebani kerja hari lebih berat untuk membersihkan toksin dan sodium pada bahan pengawet tersebut sehingga hati harus bekerja lebih ekstra. Nutrisi pada makanan cepat saji juga tidak berimbang sehingga tubuh sangat berpotensi kekurangan nutrisi. Jika dibiasakan, gaya hidup mengkonsumsi makanan cepat saji akan membuat seseorang dilanda berbagai penyakit.

Jarang Bergerak atau Berolahraga

Salah satu gejala umum dari kehidupan manusia modern adalah lebih banyak menghabiskan waktunya dengan duduk dan lebih jarang bergerak atau melakukan gerakan-gerakan yang mengeluarkan keringat. Apalagi, sebagian besar tempat kerja atau kantor sudah memiliki fasilitas AC yang semakin meminimalisir kemungkinan pekerjanya untuk berkeringat. Ketika akan berangkat ke kantor, manusia modern lebih banyak memanfaatkan kendaraan bermotor, sementara ketika di kantor, manusia modern lebih banyak menghabiskan waktunya dengan duduk di depan meja kerja. Begitupun ketika akhir pekan yang seharusnya digunakan untuk berolahraga justru lebih banyak dihabiskan dengan beristirahat di rumah. Gaya hidup dan kebiasaan tersebut justru sangat berbahaya bagi kesehatan. Lemak akan menumpuk di tubuh karena tubuh jarang bergerak apalagi berolahraga. Belum lagi dengan racun yang disebabkan oleh asap knalpot dan toksin lain yang dihirup oleh tubuh tidak dapat dikeluarkan melalui keringat karena tubuh memang jarang berkeringat. Kebiasaan tersebut berpotensi menumpuk penyakit di dalam tubuh.

Itulah beberapa gaya hidup modern yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Gaya hidup, bagaimanapun harus berimbang agar penyakit tidak mudah datang menyerang tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *