Informasi Terkini Persyaratan Dosen Tetap

gayahidupmu.com-informasi terkini

Menjadi dosen merupakan cita-cita kebanyakan mahasiswa terutama yang sudah menyelesaikan pendiikan masternya atau lulus jenjang S2. Menjadi dosen di perguruan tinggi merupakan pilihan yang sangat realistis sebab saat ini perguruan tinggi di Indonesia banyak membutuhkan dosen yang mempu memenuhi syarat utama, yaitu memiliki ijazah S2 untuk menaikkan atau mempertahankan akreditasi masing-masing perguruan tinggi. Banyaknya dosen tetap yang belum memiliki ijazah S2 membuat banyak kampus harus merekrut calon dosen lulusan S2 yang memiliki kualifikasi keilmuannya masing-masing. Belum lagi, menjamurnya jurusan-jurusan baru dan jumlah mahasiswa yang terus meningkat dari tahun ke tahun membuat setiap kampus memang sangat memerlukan merekrut dosen-dosen baru. berikut ini adalah informasi terkini tentang persyaratan dosen tetap yang menjadi pertimbangan utama perguruan tinggi.

Tidak Terikat Kontrak di Kampus Lain

Belum memiliki NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh seseorang yang ingin melamar sebagai dosen tetap di sebuah perguruan tinggi. Pihak perguruan tinggi tentu tidak ingin dosen yang direkrutnya masih terikat kontrak dengan kampus lain sehingga akan mempengaruhi fokus kinerjanya. Selain harus membuat pernyataan tidak memiliki NIDN yang menjadi bukti bahwa dirinya tidak sedang terikat kontrak dengan perguruan tinggi, pihak pelamar juga harus membuat surat pernyataan bahwa dirinya tidak sedang terikat kontrak sebagai pegawai tetap di sebuah perusahaan.

Ijazah yang Linier dan Sesuai

Informasi terkini, kini setiap perguruan tinggi memilih satu dosen untuk mengampu satu mata kuliah tertentu, sehingga dosen yang akan terpilih untuk mengampu suatu mata kuliah harus benar-benar menguasai materi mata kuliah tersebut. Kemampuan tersebut juga harus dibuktikan dengan ijazah yang linier antara S1 dengan S2, sehingga pendidikan yang diperolehnya tentang suatu mata kuliah benar-benar berjenjang. Lamarlah lowongan dosen yang sesuai dengan ijazah dan kemampuan, hal ini akan sangat berpengaruh ketika memasuki tahap seleksi awal dan wawancara.

Mampu Berbahasa Asing

Sebagian besar perguruan tinggi mulai memberi persyaratan tambahan berupa memiliki kemampuan berbahasa asing, minimal kemampuan berbahasa Inggris bagi calon dosen. Era informasi yang semakin terbuka membuat persaingan semakin ketat, sehingga orang yang banyak menguasai bahasa asing berpotensi memiliki pengetahuan yang lebih luas dan lebih kaya, maka tidak heran jika kemampuan berbahasa asing dijadikan sebagai salah satu syarat ketika melamar menjadi dosen.

Memiliki Pengalaman Mengajar

Meskipun bukan persyaratan mutlak, memiliki pengalaman mengajar merupakan salah satu bahan pertimbangan utama sebuah perguruan tinggi yang ingin merekrut calon dosen tetap. Surat pengalaman mengajar dibutuhkan sebagai bahan pertimbangan sebab tidak semua lulusan master atau S2 memiliki kecakapan dalam mengajar. Sebuah perguruan tinggi tentu lebih memilih calon dosen yang sudah memiliki pengalaman mengajar dan memiliki Curriculum Vitae yang bagus.

Itulah informasi terkini mengenai beberapa persyaratan utama dalam melamar posisi sebagai dosen tetap di perguruan tinggi. Pastikan persyaratan-persyaratan tersebut terpenuhi agar Anda tidak mubadzir membuang-buang legalisir ijazah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *