Trend Lifestyle Para Sastrawan

gayahidupmu.com-gaya hidup sastrawan

Sastrawan atau penulis karya sastra merupakan profesi yang mulia dan terkesan intelek karena telah berhasil menuliskan karya berupa tulisan yang dapat dinikmati oleh pembaca. Tidak jarang seorang sastrawan dijadikan panutan dan memiliki pengikut (pembaca) yang tidak sedikit. Sebagaimana profesi lainnya, sastrawan juga memiliki gaya hidup yang khas, yang mencitrakan diri mereka sebagai sastrawan yang menekuni pekerjaannya sebagai seorang penulis karya sastra yang luhur. Berikut ini merupakan trend lifestyle para sastrawan Indonesia hari ini.

Mengikuti Festival Sastra

Festival sastra atau pertemuan sastrawan menjadi semacam arisan yang menjadi ajang perkumpulan yang mempertemukan para sastrawan dari berbagai daerah. Sebuah festival atau pertemuan sastra umumnya melakukan proses seleksi yang cukup ketat untuk menjaring sastrawan yang dianggap layak untuk mengikuti festival sastra atau pertemuan sastra tersebut. Saat ini, menghadiri sebuah festival sastra sudah menjadi trend lifestyle atau gaya hidup di kalangan sastrawan karena hal itu dapat dijadikan sebagai ajang unjuk diri bahwa diri mereka merupakan sastrawan yang diakui dan berprestasi. Tidak heran jika banyak sastrawan yang bangga memposting foto ketika menghadiri suatu festival tertentu bahkan mendokumentasikan acara sastra atau festival sastra yang pernah diikuti ke dalam curriculum vitae dan prestasi yang pernah diraihnya.

Rangkaian acara berupa diskusi dan pembacaan karya bukan lagi sesuatu yang dianggap penting, sebab yang paling penting bagi sebagian besar sastrawan kekinian adalah dapat bertemu dengan rekan sesama sastrawan dan ngobrol ke sana kemari tentang isu-isu yang sedang hangat, mulai dari tema sosial budaya hingga politik.

Mengikuti Resitasi ke Luar Negeri

Mengikuti resitasi ke luar negeri merupakan suatu prestise bagi sebagian besar sastrawan. Tidak semua sastrawan memiliki peluang dan kesempatan untuk belajar lebih banyak ke luar negeri, baik mengenai sastra atau budaya secara lebih luas. Menggali ilmu mengenai khazanah sastra di negara lain akan sangat bermanfaat bagi proses kreatif seorang sastrawan, sehingga tidak heran jika seleksi mengikuti resitasi ke luar negeri selalu menjadi rebutan dan diramaikan oleh ratusan sastrawan.

Baca juga: TIPS GAYA HIDUP YANG LEBIH SEDERHANA

Mengirim Karya untuk Antologi

Jika festival sastra atau pertemuan sastra merupakan ajang arisan antar sastrawan atau ajang silaturahmi para sastrawan, antologi sastra merupakan ajang pertemuan karya-karya para sastrawan. Antologi merupakan buku berisi kumpulan karya sastra dengan tema tertentu yang disusun melalui proses seleksi atau kurasi. Antologi sastra, baik antologi cerpen atau antologi puisi masih menjadi salah medium yang mempertemukan karya sastrawan dari lintas daerah dan lintas generasi, sehingga mengirimkan karya untuk antologi merupakan hal yang dianggap sangat penting oleh sebagian sastrawan. Tidak heran jika mengirimkan karya untuk antologi sudah menjadi trend di kalangan sastrawan.

Itulah beberapa trend lifestyle para sastrawan Indonesia hari ini. Jika dahulu sastrawan identik dengan jalan hidup yang sunyi sebab penulis lebih banyak berkutat dengan dirinya sendiri, nampaknya anggapan tersebut mulai bergeser, sebab dunia sastra hari ini sudah semakin meriah dan riuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *