Gaya Hidup Sehat untuk Ibu Hamil

gayahidumu.com-gaya hidup sehat

Kesehatan sang buah hati sejak di dalam kandungan sampai selanjutnya adalah prioritas setiap ibu. Untuk mencapai itu, kesehatan ibu harus selalu di jaga. Bagi ibu hamil, gaya hidup menentukan kesehatan fisik dan mental anak. Berikut beberapa tips gaya hidup sehat untuk ibu hamil.

Makanan yang sehat. Jenis, kandungan, dan pola makan yang sehat sangat penting karena dari situlah asupan gizi anak tercukupi. Usahakan untuk disiplin dalam mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Cukupi asupan karbohidrat untuk energi ibu seperti nasi, ubi, dan kentang. Protein yang diperkaya omega-3 seperti ikan salmon juga sangat baik. Sayuran, buah-buahan dan susu akan melengkapi gizi yang diperlukan ibu dan si kecil. Usahakan juga memakan makanan yang diproses dengan baik dan hindari atau kurangi makanan dan minuman yang mengandung zat pengawet, terlalu banyak mengandung lemak jenuh, terlalu  berminyak dan berkafein. Jangan pula makan dengan porsi berlebihan apalagi bila makan makanan yang mengandung gula untuk menghindari diabetes.

Mengatur kegiatan. Bagi ibu hamil terutama yang bekerja, gaya hidup terkadang kurang diperhatikan. Cobalah untuk tidak melakukan kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran terlalu banyak seperti bekerja terlalu banyak, olahraga berlebihan. Kelelahan fisik dan stress dapat mengganggu kesehatan janin. Tetapi aktifitas fisik tetap dibutuhkan untuk kebugaran. Ikuti senam hamil untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi. Mendengarkan musik yang menenangkan seperti musik klasik selain dapat menenangkan ibu hamil, dikatakan dapat juga meningaktkan IQ anak dari sejak dalam kandungan.

Posisi tidur. Meskipun hal kecil tetapi posisi tidur dapat mempengaruhi janin. Posisi tidur yang terbaik adalah berbaring ke sisi kanan atau kiri. Karena bila hamil besar kemudian tidur terlentang, akan membebani sang ibu. Dan posisi tidur tertelungkup tidak baik untuk posisi janin.

Hindari polusi. Debu jalanan, asap kendaraan dan rokok mengandung virus dan racun yang sangat tidak baik untuk ibu hamil. Sedapat mungkin ibu hamil selalu menghirup udara bersih dan segar. Gunakan masker saat keluar rumah. Jangan biarkan ada perokok di dalam rumah. Berjalan kaki di sekitar kompleks pada pagi hari baik untuk mendapatkan asupan oksigen dalam udara bersih lebih banyak.

Hindari penggunaan obat-obatan. Kandungan kimia dalam obat-obatan tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. Jika memang sakit dan memerlukan perawatan obat, berkonsultasilah kepada dokter karena akan diresepkan obat yang aman untuk ibu hamil.

Rutin memeriksa diri. Disiplinkan waktu Anda untuk rutin memeriksa keadaan Anda dan janin ke dokter kandungan  sehingga perkembangan dan kesehatan janin dapat terawasi.

Sekian beberapa tips gaya hidup bagi ibu hamil. Jagalah kesehatan diri Anda agar calon buah hati Anda dapat lahir sehat dan cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *