Tips Gaya Hidup Yang Lebih Sederhana

gayahidupmu.com-hidup sederhana

Kini, semakin banyak orang yang merindukan kehidupan yang lebih sederhana setelah lama menjalani kehidupan yang terlalu sibuk sampai membebani diri sendiri. Langkah pertama untuk menjalani gaya hidup sederhana ini adalah mengerti apa arti kesederhanaan itu sendiri bagi Anda dan jalani sebagaimana yang didefinisikan dan lakukan sesuai tips gaya hidup yang disarankan. Di bawah ini adalah tips gaya hidup yang  lebih sederhana.

  1. Batasi masukan informasi. Hidup di jaman sekarang dengan arus informasi yang deras membuat orang-orang terhanyut dan terbebani. Ditambah dengan sosial media yang membuat rasa ingin tahu dan rasa ingin dikenal menjadi lebih tinggi. Untuk menjalani hidup yang lebih sederhana, Anda harus menahan diri dari tumpukan informasi yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan agar pikiran Anda tidak penuh. Luangkan waktu untuk mendapatkan informasi seperlunya saja.
  2. Nikmati setiap momen. Setiap Anda melakukan sesuatu, usahakan lakukan dengan perlahan dan benar-benar dinikmati. Misalnya saat Anda makan, cobalah untuk benar-benar menikmati aroma, rasa, tekstur makanan. Selain kenikmatan Anda akan bertambah, cara makan perlahan juga baik untuk pencernaan dan menghindari Anda dari makan berlebihan. Atau ketika Anda bepergian, nikmati seluruh keindahan yang Anda lihat. Dengan demikian momen itu akan benar-benar menjadi kenangan indah dan tidak hanya diabadikan dalam foto tetapi dalam memori dan perasaan.
  3. Buat daftar perencanaan,selesaikan satu-persatu. Tanpa perencanaan untuk hidup lebih sederhana, Anda tidak akan bisa menjalankannya. Buat daftar apa saja yang harus Anda lakukan untuk menjalani hidup sederhana, mulailah dengan yang mudah. Kemudian lakukan satu-persatu dalam satu waktu. Karena merubah kebiasaan adalah hal yang sulit, maka jika Anda memaksakan diri untuk merubah lebih dari satu secara bersamaan, tidak akan berhasil. Setelah 1 rencana selesai, coret dalam daftar Anda dan lanjutkan ke rencana berikutnya sampai daftar Anda terpenuhi. Kemudian buat daftar baru jika daftar perencanaan pertama sudah bisa Anda jalani secara kontinu.
  4. Luangkan waktu lebih banyak bersama dengan orang-orang yang penting di hidup Anda. Prinsip Pareto menyatakan bahwa 80% dari kesuksesan dan hasil berasal dari 20% hal yang Anda lakukan dan orang-orang yang Anda hadapi dalam keseharian. Gunakan prinsip ini sebagai tips gaya hidup sederhana agar berhasil dengan meluangkan waktu lebih banyak bersama orang-orang yang benar-benar penting bagi Anda. dengan begitu, Anda akan kemudian merasakan kedamaian dan menyadari bahwa Anda tidak lagi perlu untuk melakukan hal-hal yang tidak terlalu penting untuk membuat orang lain terkesan.
  5. Lakukan pemangkasan besar-besaran. Ketika bertransisi dari kehidupan yang semerawut dan sibuk ke kehidupan yang lebih sederhana, akan sulit bagi Anda untuk bertahan tanpa adanya bukti nyata yang terlihat. Cara terbaik untuk menghindari itu adalah dengan melakukan pemangkasan besar-besaran pada hal-hal materi. Misalnya, ganti mobil Anda dengan kendaraan lain seperti sepeda. Dengan begitu beban karena memiliki mobil seperti membayar parkir, biaya perawatan mobil, biaya asuransi dan lain sebagainya akan tiada. Anda akan merasa lebih ringan dalam menjalani hidup sederhana.
  6. Belajar untuk menikmati kesendirian dan bermalas-malasan. Anda akan merasa puas dengan hidup bila Anda dapat merasa nyaman dengan diri Anda sendiri. Materi dan orang-orang bukanlah hal yang menentukan diri Anda, tetapi sikap dan cara pandang Anda. Luangkan waktu kosong untuk sendirian dan tidak melakukan apapun. Matikan handphone, jangan mendengar lagu atau menonton tv, jangan lakukan kegiatan apapun. Luangkan waktu paling tidak 5 menit setiap harinya untuk melakukan hal tersebut. Tetapi jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk tidak melakukan kewajiban. Waktu yang Anda luangkan akan membuat Anda lebih memahami diri. Poin plusnya, anda akan mampu untuk membuat keputusan yang lebih baik dan dapat menerima setiap perubahan yang terjadi dalam hidup Anda.
  7. Menikmati kesederhanaan. Hampir setiap manusia tidak akan rela untuk kehilangan hal-hal yang disukai. Tetapi sebenarnya banyak hal yang tidak diperlukan dan hanya sekedar diinginkan. Memulai hidup yang sederhana bukan berarti harus menghilangkan segala yang dimiliki, tetapi bagaimana caranya menikmati apa yang benar-benar dibutuhkan dan menahan keinginan untuk memiliki hal-hal yang lebih bagus tetapi tidak tepat guna. Tips gaya hidup sederhana dalam hal ini adalaah memulai untuk menyortir barang-barang yang tidak Anda perlukan. Sadari bahwa akan selalu muncul yang lebih bagus, lebih bersinar, lebih mendekati sempurna. Jika terus mengejar hal-hal seperti itu, akan sulit untuk bersyukur atas apa yang telah dimiliki dan hanya akan membuang waktu dan uang Anda yang mana dapat digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *