Info Gaya Hidup Santri di Pesantren

gayahidupmu.com-info gaya hidupSejak tahun 2015, Presiden Jokowi meresmikan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, hal ini didasari dari tingginya sumbangsing para santri bagi kemerdekaan Bangsa Indonesia. Gegap gempita adanya Hari Santri yang diperingati secara nasional ini membuat banyak orang mencari info gaya hidup santri ketika di pesantren. Bagaimana sebenarnya gaya hidup santri yang tinggal di pesantren? Berikut ulasannya:

  • Sederhana

Kehidupan para santri di pesantren begitu sederhana, tak ada makanan, pakaian, atau tempat tidur yang mewah. Makanan santri cukup berupa tahu, tempe, serta sambal, namun hal tersebut terbilang cukup mewah bagi seorang santri. Untuk pakaian pun santri lebih senang menggunakan sarung serta peci, dan tempat tidurnya hanya beralaskan kasur tipis atau tikar yang biasanya dipakai untuk tidur beramai-ramai. Kehidupan santri yang sederhana ini membuat santri memiliki rasa syukur yang tinggi terhadap apa yang telah dikaruniakan Allah kepadanya.

  • Kebersamaan dan Gotong Royong

Nilai-nilai yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan para santri adalah kebersamaan dan gotong royong. Para santri biasanya memiliki kebiasaan makan bersama dalam satu nampan/ baki besar. Selain itu, mereka terbiasa melakukan sesuatu dengan cara kerjasama atau bergotong-rotong, misalnya ketika acara ro’an (kerja bakti kerbersihan di hari jum’at) yang selalu dilakukan secara berjamaah.

  • Gemar Berbagi

Meski seorang santri tidak memiliki uang atau uang sakunya sedang menipis, santri tak pernah takut atau khawatir kelaparan, karena santri yang lainnya akan siap sedia untuk berbagi makanan.

  • Patuh pada Kyai

Santri selalu memiliki kepatuhan pada kyai, karena bagi santri ada barokah dalam setiap nasihat, petuah yang diberikan oleh Kyai kepada santrinya.

  • Rajin Mencari Ilmu

Bagi seorang santri, menuntut ilmu adalah keharusan. Meski harus masuk ke pesantren yang jauh dari rumah dan tidak pulah ke rumah selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, namun hal tersebut tetap akan dijalani oleh seorang santri.

  • Disiplin

Santri memiliki kedisiplinan yang tinggi, setiap ingin mandi, ingin makan, dan segala aktifitasnya di pesantren, santri selalu memiliki kebiasaan untuk mengantre. Hal ini tentunya mencerminkan kedisiplinan dan ketertiban santri.

  • Taat Kepada Allah

Menurut info gaya hidup santri yang ada, kehidupan santri tak bisa dilepaskan dari shalat dan mengaji, tak pernah lepas dari kewajibannya sebagai umat Islam, hal ini menjadi cerminan bahwa seorang santri sangatlah taat kepada Allah. Ibadah santri tak hanya sholat 5 waktu atau puasa saat bulan Ramadhan saja, namun santri juga selalu melaksanakan shalat-shalat sunnah seperti tahajud dan dhuha, juga puasa-puasa sunnah di hari senin dan kamis serta hari-hari sunnah lainnya.

Demikian info gaya hidup santri yang bisa dijadikan pembelajaran. Meski kehidupan santri terkesan kuno dan jauh dari modernitas, namun banyak nilai-nilai kehidupan dari para santri yang patut dteladani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *