Pilihan Trend Lifestyle Diet

gayahidupmu.com-trend lifestyle

Dengan meningkatnya kesadaran akan kesehatan untuk menunjang kemampuan diri dalam menjalani aktifitas yang semakin hari semakin sibuk, juga tuntutan akan peanmpilan yang harus selalu segar dan fit, banyak cara yang ditempuh seperti berolahraga teratur dan diet. Kini diet selain untuk menjaga kesehatan juga telah menjadi trend lifestyle sehingga setiap kali muncul cara diet baru, maka banyak orang berbondong-bondong mengikutinya. Sebenarnya sah-sah saja mengikuti trend, tetapi akan lebih baik jika Anda memilih untuk menjalani diet dengan aturan yang benar dan cocok untuk Anda. berikut adalah pilihan trend lifestyle diet untuk menjadi opsi bagi Anda yang ingin berdiet dengan tepat dan sesuai kebutuhan.

  1.  Diet detox

Diet detox biasanya dilakukan dengan cara berpuasa yang kemudian dilanjut dengan diet ketat dengan hanya mengkonsumsi sayuran mentah, buah-buahan, jus, dan air mineral. Diet ini cukup bagus untuk membersihkan tubuh dari racun tetapi jika terus dilakukan setiap hari, Anda akan mengalami kekurangan nutrisi penting lainnya. Sebaiknya bagi yang ingin menjalani diet ini, lakukan hanya sekali dalam sebulan. Sisanya Anda dapat menambah asupan sumber gizi lainnya dan tentu berolahraga teratur. Hindari mengkonsumsi suplemen-suplemen yang mengiklankan sebagai asupan yang dapat memurnikan bagian dalam tubuh Anda karena tidak ada keajaiban yang dapat membuat Anda sehat dan bugar dalam waktu singkat. Semua hal membutuhkan usaha dan proses.

  1. Diet tinggi protein, rendah karbohidrat

Salah satu diet paling terkenal dan masih banyak dijalani adalah diet yang mengganti sebagian besar porsi karbohidrat dengan protein. Protein yang dianjurkan untuk diet adalah 0.8 gram per kilogram berat badan Anda. tetapi tetap saja kebutuhan setiap orang berbeda tergantung dari kondisi kesehatan tubuh dan tingakt aktifitas. Untuk menjalani diet ini, coba ganti makanan yang tinggi karbohidrat dengan makanan yang lebih rendah karbohidrat, konsumsi kacang-kacangan, dan naikkan sedikit porsi daging ayam atau daging sapi tanpa lemak dalam konsumsi Anda sehari-hari untuk menambah asupan protein dan mengurangi karbohidrat.

Baca juga: GAYA HIDUP SEHAT DI KOTA BESAR

  1.  Diet Paleo

Basis diet Paleo adalah pola makan orang jaman purba yaitu tanpa produk susu, tanpa gula, tanpa makanan olahan, dan hanya mengkonsumsi makanan alami seperti daging merah, daging putih, ikan, sayuran dan buah-buahan segar. Berat badan Anda memang akan turun dengan tidak mengkonsumsi kue, cokelat, fast food dan makanan enak lainnya. Tetapi hal itu akan sangat berat untuk dijalani dalam jangka panajng. Belum lagi mempertimbangkan bagi anda yang sangat sibuk, menyiapkan makanan sendiri akan menjadi tantangan yang cukup sulit. Diet Paleo tidak mengizinkan adanya asupan kacang-kacangan dan produk susu yang mana sebenarnya tidak ada salahnya mengkonsumsi itu. Sehingga kini ada diet yang dinamakan Paleo Plus yang mengizinkan Anda untuk mengkonsumsi yogurt.

  1. Diet Mediterania

Kaya akan sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, minyak zaitun, bahkan sedikit wine, diet Mediterania diyakini banyak memberi keuntungan untuk kesehatan seperti mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, Parkinson dan Alzheimer. Diet ini menghindari total asupan gula dan makanan olahan. Banyak penelitian yang memang mendukung diet Mediterania sehingga banyak yang memilih trend lifestyle diet ini.

  1. Diet probiotik

Kesehatan pencernaan menjadi sorotan akhir-akhir ini. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa seimbangnya bakteri baik dalam pencernaan berpengaruh besar pada berat badan dan kesehatan organ tubuh. Trend lifestyle dengan diet probiotik menuntut asupan makanan yang mengandung bakteri baik seperti yogurt, makanan hasil fermentasi seperti acar, kimchi, miso, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *