Gaya Hidup Sehat di Kota Besar

gayahidupmu.com-gaya hidup sehat

Orang yang hidup di kota besar cenderung lebih mudah stress dibandingkan dengan orang-orang yang hidup di kota kecil atau di pedesaan. Kota besar yang umumnya penuh sesak oleh pendatang sehingga terlalu banyak kendaraan bermotor membuat udara kota dipenuhi dengan polusi dan tidak baik bagi kesehatan paru-paru. Hiruk-pikuk kota yang sesak dan padat juga membuat tubuh rentan terkena penyakit. Untuk itu, kehidupan kota yang kurang sehat tersebut harus diimbangi dengan gaya hidup sehat. Ada banyak hal yang dapat dilakukan penduduk kota besar untuk tetap menjaga kesehatannya, baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikis. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan Anda yang hidup di kota besar agar tetap sehat jiwa dan raga.

  • Rutin Berolahraga

Berolahraga merupakan salah satu pondasi untuk dapat hidup sehat. Dengan berolahraga, seluruh organ tubuh kita dipaksa untuk bergerak, sehingga persendian tulang tidak kaku dan tidak mudah keropos. Orang-orang yang hidup di kota besar umumnya memiliki rutinitas yang monoton, sehingga gerakan-gerakan yang dilakukan sehari-hari tidak melibatkan semua organ tubuh. Apalagi, jenis pekerjaan yang dilakukan kebanyakan orang yang hidup dan tinggal di kota besar bukanlah jenis pekerjaan yang mengeluarkan banyak keringat. Melakukan olah raga secara rutin setidaknya seminggu sekali akan membuat tubuh lebih segar. Keringat yang dikeluarkan tubuh ketika berolahraga akan membuang racun jahat yang tersimpan di dalam tubuh.

Terdapat beberapa jenis olah raga yang dapat dilakukan oleh orang-orang yang tinggal di kota besar, di antaranya adalah: mengayuh sepeda, lari pagi, atau berlatih yoga secara teratur. Jenis-jenis olahraga sebagaimana disebut di atas cukup efektif untuk mengeluarkan keringat dan yang terpenting tidak menyita waktu terlalu banyak, karena orang kota umumnya sangat sibuk dengan pekerjaannya sehingga waktunya benar-benar berharga.

Baca juga: INFO GAYA HIDUP PARA PEKERJA KANTORAN JAKARTA

  • Berkebun di Rumah

Selain kesehatan psikis, kesehatan psikologis juga harus diperhatikan oleh orang yang hidup di kota besar. Salah satu kiat menjaga kesehatan psikologi adalah dengan berkebun di rumah. Berkebun akan melatih kepekaan kita dan mengajak kita untuk lebih menghargai makhluk hidup lain, sehingga kesadaran bahwa kita tidak hidup sendiri dapat tumbuh.  Berkebun di rumah juga dapat membuat badan kita lebih sehat. Tumbuhan yang ditanam di rumah akan berfungsi untuk menetralisir udara sehingga oksigen yang kita hidup akan lebih sehat.

  • Memelihara Binatang

Selain berkebun, hal lain yang dapat dilakukan untuk melatih kepekaan jiwa dan menetralisir emosi adalah dengan memelihara binatang. Orang yang hidup di kota umumnya selalu mudah merasa kesepian. Dengan memelihara binatang, kita akan merasa memiliki teman.

Itulah beberapa kiat gaya hidup sehat yang dapat dilakukan oleh orang-orang yang hidup di kota besar. Hidup sehat juga harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh kita mendapatkan asupan yang cukup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *