Tips Gaya Hidup Produktif di Masa Pensiun

gayahidupmu.com-tips

Masa pensiun merupakan masa yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang yang bekerja kantoran. Pensiun berarti terbebas dari segala pekerjaan, tidak perlu lagi memikirkan tugas-tugas kantor, dan dapat menikmati hari tua dengan lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun, masa pensiun juge menimbulkan kecemasan sendiri bagi sebagian orang, terutama orang-orang yang tidak terbiasa menganggur dan terbiasa dengan pola kerja yang teratur, sehingga diam dalam waktu yang lama tanpa melakukan hal apapun akan mengakibatkan kejenuhan yang berakibat pada timbulnya rasa stress. Bagi Anda yang bingung harus melakukan apa ketika memasuki masa pensiun, sebenarnya ada banyak hal yang dapat kita lakukan dan kita kerjakan agar sisa hidup kita ketika sudah pensiun tidak sia-sia dengan hanya dihabiskan dengan beristirahat sepanjang waktu di dalam rumah. Berikut ini adalah tips gaya hidup produktif di masa pensiun.

Mengabdikan Ilmu di Masyarakat dan Lingkungan

Masa pensiun seringkali diidentikkan sebagai masa istirahat. Padahal sejatinya, masa pensiun merupakan masa di mana kita akan meninggalkan rutinitas pekerjaan yang sudah kita lakukan selama puluhan tahun untuk memulai hidup baru yang lebih bermanfaat. Jika orientasi bekerja selama puluhan tahun adalah untuk mencari nafkah lahir guna menghidupi keluarga, masa pensiun harus berorientasi untuk mencari hal-hal untuk memenuhi kebutuhan batin atau jiwa kita. Masa pensiun umumnya baru dinikmati ketika usia kita sudah mulai beranjak tua. Usia yang sudah mulai tua harus dinikmati dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat demi mengejar kepuasan batin kita.

Baca juga: BERITA GAYA HIDUP YANG BAIK DAN BERMANFAAT BAGI REMAJA

Salah satu tips gaya hidup yang dapat kita kerjaan di masa pensiun adalah dengan mengabdikan ilmu di masyarakat dan lingkungan sekitar. Mengabdikan ilmu tidak semata-mata dapat diartikan sebagai mengajar di kelas, mengabdikan ilmu bisa dimulai dengan melakukan hal-hal sederhana, misalnya dengan memberikan pelatihan dan kursus singkat tentang bidang keilmuan dan skill yang kita miliki agar bermanfaat bagi orang lain, khususnya orang-orang yang berusia lebih muda. Mengabdikan ilmu dengan cara demikian tidak akan banyak menyita waktu sehingga kita tetap dapat menikmati masa pensiun dengan beristirahat di rumah atau berlibur ke tempat-tempat yang masih alami.

Banyak Membaca atau Menuliskan Pengalaman

Orang yang memasuki masa pensiun umumnya memiliki banyak waktu luang, sehingga kegiatan-kegiatan yang mungkin dulu sangat sulit dilakukan kini bisa dilakukan dengan leluasa. Salah satu kegiatan bermanfaat yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang adalah dengan membaca buku. Banyak membaca akan membuat otak kita terus berproses sehingga kita tidak mudah pikun.

Selain membaca buku, menuliskan pengalaman hidup dapat menjadi salah satu kegiatan yang bermanfaat dan produktif. Menulis pengalaman terutama tentang hikmah-hikmah yang kita peroleh sepanjang usia kita tentu akan memberi manfaat kepada orang lain.

Itulah beberapa tips gaya hidup produktif di masa pensiun. Produktifitas terkadang tidak mengenal usia, dan memberi manfaat kepada orang lain tidak akan mengenal batas waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *