Trend Lifestyle Wanita Perkotaan

Gaya hidup di kota-kota besar jauh berbeda dengan gaya hidup di kota kecil. Manusia yang hidup di kota besar umumnya lebih mudah dan lebih larut mengikuti sebuah trend, sehingga setiap trend terbaru yang masuk ke sebuah kota besar akan menjangkit secara pesat atau mewabah ke seluruh penduduk kota tersebut. Sebagai contoh, gaya berbusana, ketika sebuah gaya berbusana tertentu sedang booming, maka sebagian besar orang di kota tersebut akan ikut memakai busana yang sedang ngetrend tersebut. Gejala macam ini sangat mudah menjangkit orang-orang kota terutama kaum wanita. Terdapat beberapa trend lifestyle wanita perkotaan yang mulai menjangkit kota-kota kecil bahkan hingga ke pelosok desa. Berikut ini merupakan pembahasan mengenai gaya hidup wanita perkotaan yang menular atau mempengaruhi gaya hidup wanita yang tinggal di desa.

Senam dan Yoga

Dulu, senam dan yoga hanya dilakukan oleh wanita-wanita yang tinggal di kota besar. Senam dan yoga merupakan alternatif olahraga yang dilakukan oleh perempuan kota agar tetap hidup sehat dan untuk menjaga bentuk tubuhnya agar tetap ideal di tengah kesibukan bekerja dan kehidupan kota yang tidak mendukung aktifitas yang dapat mengeluarkan keringat. Pekerjaan perempuan kota umumnya adalah jenis pekerjaan yang lebih menguras otak ketimbang fisik. Untuk mengimbangi kinerja fisik tersebut, melakukan senam dan yoga setidaknya seminggu sekali dijadikan pilihan agar lemak di badan tidak menumpuk dan agar badan tetap sehat. Beberapa tahun terakhir, senam dan yoga sudah menjadi trend lifestyle di kota-kota kecil bahkan juga hingga ke pedesaan. Kini, tidak sedikit sanggar-sanggar senam yang didirikan di pedesaan.

Baca Juga: DAMPAK NEGATIF GAYA HIDUP MODERN

Gaya Berbusana

Gaya berbusana wanita kota lambat-laun mulai menjangkit dan mempengaruhi gaya berbusana perempuan desa. Gaya berbusana yang lebih terbuka, misalnya, yaitu yang menampilkan bagian paha atau memakai pakaian tanpa lengan seperti tank top dulu hanya menjangkit wanita-wanita di kota besar. Namun lambat laun, gaya hidup tersebut juga menjangkit wanita-wanita yang tinggal di pedesaan. Kini, kita semakin sulit membedakan antara wanita kota dengan wanita desa, sebab gaya berbusana mereka hampir serupa. Sudah tidak ada batas yang jelas antara gaya berbusana wanita kota dengan perempuan desa.

Tidak hanya dari segi gaya berbusana, model pakaian perempuan desa pun banyak berkiblat dan terpengaruh oleh model pakaian perempuan kota. Perempuan kota lebih cenderung mengenakan model pakain yang colorfull dan semarak, model pakaian yang sebenarnya menunjukkan jari diri wanita kota sebagai kaum yang berwawasan lebih terbuka dan berwarna. Kini, tidak sedikit bahkan sebagian besar perempuan desa meniru model pakaian yang banyak dipakai oleh wanita perkotaan.

Itulah beberapa trend lifestyle wanita perkotaan yang berpengaruh besar pada kehidupan perempuan di pedesaan. Semakin mudahnya orang desa memperoleh akses informasi tentang kehidupan kota membuat perempuan desa secara tidak sadar mulai terpengaruh oleh gaya hidup perempuan perkotaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *