Dampak Negatif Gaya Hidup Modern

Perkembangan zaman dan teknologi membuat terjad perkembnagan di segala bidang, termasuk gaya hidup yang dijalani oleh masyarakat. Apabila dulu masyarakat menjalani hidup yang apa adanya, seiring perubahan zaman, maka gaya hidup masyarakat pun berubah menjadi gaya hidup modern.

Gaya hidup manusia modern ini seperti dua sisi mata uang, ada sisi positif, namun juga memiliki sisi negatifnya. Dan berikut ini adalah dampak negatif dari gaya hidup masyarakat modern yang patut diwaspadai:

Masyarakat Cenderung Malas

Di era modern, masyarakat memang dimanjakan dengan berbagai kemajuan teknologi instan yang memudahkan. Ingin melakukan apapun sangatlah mudah, tak perlu repot dan butuh banyak tenaga, akan tetapi hal ini justru menimbulkan dampak negatif berupa kemalasan dan sifat ketergantungan. Padahal teknologi diciptakan untuk mempermudah, bukan untuk membuat manusia menjadi malas.

Individualis

Gaya hidup yang modern juga membuat masyarakat cenderung individualistik dan lebih mementingkan diri sendiri. Apabila ada suatu bencana atau musibah yang terjadi di sekitarnya, orang justru terlalu sibuk untuk menonton dan mengabadikan gambar atau foto untuk kemudian dishare di media sosial, dibandingkan mencoba untuk menolong dan meringankan beban orang yang sedang terkena musibah.

Kurang Bersosialisasi

Masyarakat modern lebih banyak bersosialisasi di dunia maya sehingga lupa bahkan enggan untuk bersosialisasi dengan lingkungan dan masyarakat. padahal, teman di dunia maya bukanlah teman sebenarnya yang selalu siap sedia ketika dibutuhkan. Teman sebenarnya adalah yang ada di dekat kita di dunia nyata.

Baca Juga: GAYA HIDUP KAUM URBAN

Hidup Hedonis

Agar ingin dipandang selalu tampil modern dan kekinian, maka masyarakat pun mulai bersikap hedonis atau memuja kebendaan. Memandang seseorang dari barang-barang yang dikenakannya atau dari barang-barang yang dimilikinya. Segala hal dilakukan agar diri bisa dipandang sebagai manusia modern tanpa memandang kemampuan yang dimiliki, tak peduli harus berhutang, yang terpenting bisa membeli ponsel teranyar. Itulah cara hidup masyarakat modern yang cenderung hedonis.

Norma Menurun

Sekarang bisa dilihat di media sosial banyak caci maki, di media youtube juga banyak para remaja yang membuat video dengan tampilan dan gaya dandanan terbuka dan seronok. Hal ini tentunya bertentangan dengan norma sosial masyarakat yang ada, akan tetapi alih-alih malu, mereka justru bangga karena merasa sudah menjadi manusia yang modern.

Sikap Sombong

Sikap sombong juga menjadi dampak negatif masyarakat modern. Para orang dengan gaya hidup modern memang lebih banyak menggunakan penilaian berdasarkan tampilan fisiknya, sehingga mereka hanya ingin berteman atau bersosialisasi dengan orang-orang yang dianggap memiliki kesetaraan dalam hal kekayaan, pendidikan, atau penampilan.

Dampak negatif dari gaya hidup modern ini selayaknya harus dihilangkan, karena manusia yang modern harusnya bisa berpikir lebih bijak dengan memahami sesama manusia lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *